Salin Artikel

Innova Vs Kereta Api di Probolinggo, 4 Orang Tewas, KA Sempat Tak Bisa Lanjutkan Perjalanan

Salah satu saksi mata kecelakaan itu, NW menyebut, sopir Innova itu diduga tidak melihat sekitar saat menyeberangi perlintasan.

Saat berada di perlintasan, KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember melaju dari arah barat. Tabrakan tak terhindarkan.

Mobil itu hancur akibat kecelakaan itu. Sopir dan seluruh penumpang dengan jumlah total empat orang tewas di lokasi.

"Mobil itu informasinya mau ke tambak sebelah Utara rel. Diduga sopirnya tidak lihat kanan kiri sebelum melintas, sehingga kereta yang melaju tidak terlihat," ujar NW saat dikonfirmasi, Kamis.

Komandan Pleton Polsuska Daop 9 Jember, Kapten Muhammad Halil mengatakan, keempat jenazah korban sudah dievakuasi ke RSUD Tongas.

"Keempatnya meninggal di lokasi kejadian," kata Holil saat dikonfirmasi.

Sejauh ini belum ada keterangan mengenai identitas korban.

KA Tak Bisa Lanjutkan Perjalanan

Plh Manager Humas Daop 9 Jember Tohari mengatakan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meminta maaf atas gangguan perjalanan KA Logawa karena kecelakaan yang terjadi di antara Stasiun Bayeman-Stasiun Probolinggo.

Menurut Tohari, KA 249 Logawa tak bisa melanjutkan perjalanan karena harus menunggu lokomotif pengganti dari Dipo Lokomotif Jember.

"Namun demikian kepada para pelanggan KA Logawa tidak perlu khawatir karena untuk melanjutkan perjalanannya dari Stasiun Probolinggo ke Stasiun Jember dapat naik KA 113 Ranggajati dengan kelas bisnis maupun kelas eksekutif,” ujar Tohari melalui siaran tertulis yang diterima Kompas.com.


Tohari menjelaskan, KA Ranggajati tiba di Stasiun Jember sekitar pukul 20.08 WIB.

“Kepada keluarga pelanggan KA yang pada hari ini sedang menggunakan KA Logawa dengan tujuan akhir Stasiun Jember dapat menjemput (jika dijemput) pada pukul 20.08 WIB,” jelasnya.

Tohari menambahkan, pengamanan telah dilakukan di lokasi kecelakaan. Kendaraan punt elah dievakuasi.  Jalur kereta api telah bisa dilalui dengan aman.

“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA," kata Tohari.

Tohari berharap para pengguna jalan raya yang melewati perlintasan sebidang lebih hati-hati dan mematuhi aturan. Ia meminta pengguna jalan raya menaati rambu-rambu yang terpasang dan melihat kanan serta kiri sebelum melintas.

"Turut menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan masyarakat adalah menjadi tanggung jawab kita bersama. Ingat keluarga kita sedang menunggu kedatangan kita di rumah,” jelas Tohari.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/13/202911478/innova-vs-kereta-api-di-probolinggo-4-orang-tewas-ka-sempat-tak-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke