Salin Artikel

Longsoran Batu Tutup Badan Jalan di Cadas Pangeran, Arus Lalu Lintas Cirebon-Sumedang Terhambat

SUMEDANG, KOMPAS.com - Bongkahan batu berdiameter sekitar 2 meter lebih longsor dari tebing Cadas Pangeran dan menimbun jalan nasional penghubung Bandung-Cirebon, Rabu (12/1/2022) sekitar pukul 15.30 WIB.

Longsoran batu dari tebing Cadas Pangeran ini berlokasi tepatnya 500 meter dari pintu gerbang jembatan Cadas Pangeran dari arah Cirebon menuju Bandung, atau di Dusun Singkup, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Ketua Regu Piket Pusdalops BPBD Sumedang Wawan Hedra Gunawan mengatakan, longsor batuan cadas ini menutup setengah badan jalan hingga menghambat arus lalu lintas dari arah Cirebon menuju Sumedang maupun sebaliknya.

"Sejumlah batuan cadas dari tebing tadi longsor saat hujan deras. Ada satu batu cadas berdiameter lebih dari 2 meter yang cukup menyulitkan untuk kami evakuasi," ujar Wawan kepada Kompas.com di lokasi kejadian.

Wawan menuturkan, saat ini unsur BPBD Sumedang, TNI dan Polri masih berupaya memecah batuan cadas yang menutupi setengah badan jalan ini.

"Untuk korban jiwa, alhamdulillah tidak ada. Hanya saja memang arus lalu lintas dari kedua arah terhambat akibat material longsor yang menutup badan jalan ini. Kami berupaya secepatnya melakukan evakuasi," tutur Wawan.

Sementara itu, pantauan Kompas.com, hingga pukul 17.00 WIB, petugas masih berupaya melakukan evakuasi batuan cadas tersebut dengan cara memecahnya menjadi bagian-bagian kecil.

Selain itu, arus lalu lintas diberlakukan buka tutup dari kedua arah, dengan kemacetan mencapai 3 kilometer.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/12/180927778/longsoran-batu-tutup-badan-jalan-di-cadas-pangeran-arus-lalu-lintas-cirebon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke