Salin Artikel

Pencari Rumput Terjebak di Sungai Progo Magelang, Evakuasi Berlangsung Dramatis

Proses evakuasi oleh tim SAR gabungan berlangsung dramatis, Senin (10/1/2022) malam.

Seorang warga setempat, Zaki menceritakan, pria paruh baya itu menyebarang menuju gundukan tanah di tengah sungai yang ditumbuhi rumput. 

Pria bernama Juni, asal Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, itu memang biasa mencari rumput di lokasi tersebut. 

"Sejak sore sampai petang dia sudah mencari rumput di sana, tapi tiba-tiba aliran deras datang. Jadi ga bisa kemana-mana," kata Zaki.

Pria itu kemudian teriak-teriak meminta tolong. Warga yang mengetahuinya segera melapor ke aparat setempat, hingga akhirnya tim gabungan tiba di lokasi dan melakukan evakuasi.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Magelang, Putut Handoko menjelaskan, evakuasi menggunakan perahu karet dilakukan setelah aliran sungai cukup aman. 

“Pencari rumput masih di seberang sungai yang alirannya deras sekali sehingga sulit dijangkau, sementara petugas penyelamat ada di Kampung Tuk Songo, Cacaban. Setelah cukup aman kita evakuasi," kata Putut.

Evakuasi berlangsung dalam kondisi gerimis. Namun beruntung sekitar pukul 19.00 WIB, Juni berhasil dievakuasi dengan selamat oleh tim gabungan dari Unit SAR Borobudur, Damkar Kota/Kabupaten Magelang, TNI, Polri dan relawan. 

Sementara itu, Juni mengaku memang kerap merumput di Sungai Progo. Namun kejadian banjir hingga terjebak baru kali ini dialaminya. 

“Sudah sering (mencari rumput) di sini. Tapi kalau kena banjir baru sekarang. Motor saya taruh di makam (Makam Tuk Songo). Saya datang jam 4 sore, jam 5 kena banjir,” tutur Juni, setelah dievakuasi.

Lantaran kondisi korban masih trauma, akhirnya petugas mengantarkannya ke kediaman yang bersangkutan di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/11/084250878/pencari-rumput-terjebak-di-sungai-progo-magelang-evakuasi-berlangsung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke