Salin Artikel

Ramai Surat TP PKK Salatiga soal Pakaian dan Pemisahan Kamar, Begini Tanggapan Wali Kota

Surat yang dikeluarkan Ketua TP PKK Kota Salatiga itu mencakup tiga poin. Pertama, berpakaian sopan saat berada di dalam rumah.

Lalu, pemisahan kamar laki-laki dan perempuan, kecuali suami istri. Dan, mengenakan pakaian yang menutup aurat saat melakukan aktivitas di luar rumah. Dalam surat itu, juga terdapat kutipan Surat Al Ahzab ayat 59.

Menurut Yuliyanto, memberi perlindungan terhadap perempuan dan anak adalah tugas semua pihak.

"Tidak cuma hanya PKK saja yang ambil peran dalam memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap pencegahan kekerasan perempuan dan anak," kata Yuliyanto di Salatiga, Senin (27/12/2021).

Yuliyanto juga meminta agar organisasi kemasyarakatan (ormas), lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi keagamaan, dan forum kerukunan umat beragama (FKUB), turut serta dalam kegiatan itu.

"Ada data kekerasan terhadap perempuan dan anak di Salatiga meningkat, maka semua elemen harus ikut mengambil peran dalam menyerukan perlindungan terhadap kekerasan perempuan dan anak di Kota Salatiga yang toleran," terang Yuliyanto.

Yuliyanto menambahkan, surat edaran TP PKK Kota Salatiga mendapat apresiasi Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) yang diketuai Seto Mulyadi, yang lebih dikenal dengan nama Kak Seto.

"Beliau menyampaikan upaya sekecil apa pun yang dilakukan dengan setulus hati untuk melindungi anak-anak, keluarga, dan masyarakat Indonesia adalah patut didukung dan dikampanyekan secara lebih luas lagi," ungkapnya.


Menurut Yuliyanto, masukan dari Kak Seto menjadi tembahan energi untuk gerakan perlindungan perempuan dan anak dari ancaman kekerasan, terutama kekerasan seksual.

"Kalau kemarin ada peningkatan kasus, maka dengan adanya imbauan ini, kasus kekerasan harus turun. Masyarakat juga harus terlibat dan jangan ragu melapor," terangnya.

Surat edaran yang ditandatangani Ketua TP PKK Kota Salatiga Titik Kirnaningsih viral di media sosial.

Surat yang ditujukan untuk jemaah pengajian Smart PKK tersebut berisi pengaturan berpakaian dan pemisahan kamar antar laki-laki dan perempuan.

"Itu surat memang untuk internal jemaah pengajian, sehingga dikaitkan dengan ayat suci Al Quran," kata Titik.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/27/113622778/ramai-surat-tp-pkk-salatiga-soal-pakaian-dan-pemisahan-kamar-begini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke