Salin Artikel

Puting Beliung Mengamuk, Puluhan Rumah di Cianjur Rusak

CIANJUR, KOMPAS.com - Sedikitnya 20 rumah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rusak diterjang angin puting beliung, Minggu (26/12//2021) sore.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo menyebutkan, Korban jiwa nihil dalam peristiwa di empat kedusunan di Desa Cimanggu Cibeber tersebut.

Namun, kerugian materil yang diderita warga diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Selain rusak terkena puting beliung, juga ada sejumlah yang rusak karena tertimpa pohon yang tumbang," kata Rudi kepada Kompas.com, Minggu.

Disebutkan, petugas gabungan dari unsur BPBD, TNI/Polri, Satpol PP dan relawan tengah berupaya mengevakuasi pohon yang tumbang yang menimpa atap rumah warga dan yang menutup badan jalan.

"Asesmen masih terus dilakukan di lapangan karena informasinya ada fasilitas umum juga yang turut terdampak atau rusak," ujar dia.

Sementara Camat Cibeber Epi Rusmana mengatakan, angin puting beliung terjadi sesaat setelah hujan lebat yang mengguyur sejak siang hingga sore hari.

"Tidak hanya rumah warga yang kena, namun ada musala dan pos keamanan juga yang terdampak," kata Epi.

Epi menuturkan, upaya evakuasi sempat terkendala dengan banyaknya pohon tumbang yang menutup badan jalan sehingga menghambat petugas untuk mengakses lokasi bencana.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/26/215500378/puting-beliung-mengamuk-puluhan-rumah-di-cianjur-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke