Salin Artikel

Cerita Perjuangan Guru di Jambi, Demi Mengajar Daring Harus Mendaki Bukit, Masuk Hutan, hingga Berdiri di Sawah

Kesulitan sinyal selama pandemi masih dialami guru sekolah dasar di Jambi, tepatnya di Desa Tanjung Katung, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi.

Kamariah, guru SDN No 97/IX Tanjung Katung, harus menaiki bukit, memasuki hutan, sampai ke tengah sawah demi mendapat sinyal kuat agar bisa mengajar melalui aplikasi Zoom.

"Sinyal di rumah sering hilang. Kalau di bukit atau tengah hutan itu, kualitas sinyalnya kuat dan stabil," kata Kamariah melalui pesan singkat, Kamis (23/12/2021).

Ia mengatakan jarak Tanjung Katung dengan Kota Jambi cukup dekat, sekitar 45 menit perjalanan. Namun di daerahnya masih sulit sinyal.

Kamariah mengaku di rumahnya sama sekali tidak ada sinyal. Sementara di sekolah, sinyal itu ada namun sangat lemah.

Dia berkata, hingga saat ini sekolahnya masih menerapkan sistem pertemuan tatap muka (PTM) terbatas.

Dengan PTM terbatas, setiap minggunya masing-masing guru memiliki jadwal mengajar di kelas dan secara daring.

Kamariah memang sudah terbiasa mencari sinyal ke sawah atau bukit. Pasalnya kebutuhan dia tidak hanya mengajar, melainkan mengikuti perkuliahan dan pelatihan dari dinas pendidikan serta lembaga Tanoto Foundation.

Dirinya memang merasa aneh, berdiri di tengah sawah berjam-jam demi menjaga sinyal bagus.

"Memang menguras tenaga juga. Di tengah sawah atau di atas bukit sendirian, kadang dihantam hujan atau panas," kata Kamariah.

Selain tidak nyaman berada di luar ruangan saat mengajar daring, terkadang Kamariah harus menghabiskan waktu berjam-jam mencari titik sinyal terbaik.

Tempat sinyal yang baik di sawah belakang dilanda banjir, jadi Kamariah tidak bisa mencari sinyal di sawah itu.

Ada tiga titik tempat dia mencari sinyal mulai dari Lintas Sengeti sampai Penyengat Olak Jalan Puting, di mana jarak tempuhnya puluhan kilometer atau 45 menit perjalanan.

Meskipun belajar daring amat melelahkan, Kamariah tetap senang melakukannya karena kecintaan dia kepada dunia pendidikan.

“Mengajar anak-anak adalah cita-cita saya sejak kecil,” ujar Kamariah.

Mencari Sinyal untuk Mengajar dan Kuliah

Menurut Kamariah, pengalamannya selama pandemi selalu mencari sinyal dalam memberikan pembelajaran kepada siswa.

“Termasuk ketika memberikan instruksi melalui WhatsApp, saya harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit,” katanya.

Baginya, mengajar dan mengikuti pelatihan di masa pandemi harus tetap diwujudkan, karena pendidikan adalah hak setiap anak.

Pengalamannya selama mengikuti kegiatan Program PINTAR Penggerak Tanoto Foundation Muaro Jambi dan Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi menginspirasinya untuk terus belajar demi pendidikan yang lebih baik.

Penting baginya untuk terus berlatih, belajar meningkatkan kompetensi dirinya di masa pandemi, guna memajukan pendidikan demi anak bangsa.

Lalu bagaimana kiatnya menghadapi lemahnya sinyal selama ini?

“Dengan menghadapi kendala sinyal, di hadapi dengan sabar dan semangat,” katanya.

Kamariah mencari sinyal di lokasi persawahan, kalau di sawah banjir, dia mencarinya di tempat adik kandungnya yaitu di daerah Jambi.

“Mondar-mandir di jalan, sering juga nyari sinyalnya di simpang tiga, wilayah penyengat olak jalan puting, hingga ke lintas Sengeti,” jelasnya.

Begitulah cara Kamariah berkuliah secara daring hingga mendapat gelar sarjana S1.

Guru yang lahir 1966 lalu ini, memiliki semangat tinggi dalam mengajar. Sinyal yang buruk, tidak menghalanginya untuk terus mengajar.

Dia berharap sekali agar pemerintah membangunkan tower penguat sinyal, agar orang-orang sepertinya maupun siswa dan masyarakat lainnya tidak kesulitan jaringan.

“Harapan saya, semoga ada perhatian untuk membangun dan memasang tower, karena kami dari tiga desa, tidak mendapatkan jaringan,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/23/172726378/cerita-perjuangan-guru-di-jambi-demi-mengajar-daring-harus-mendaki-bukit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke