Salin Artikel

BI Serahkan Bantuan Oksigen Generator Senilai Rp 6,48 Miliar ke RSUD Bung Karno Solo

Bantuan itu diserahkan Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan disaksikan Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Muhammad Nur, Kepala Dinas Kesehatan Siti Wahyuningsih dan Direktur RSUD Bung Karno Wahyu Indianto.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Muhammad Nur menjelaskan, oksigen generator merupakan barang langka dan secara khusus hanya diberikan di empat rumah sakit di Indonesia.

"Oksigen generator memang khusus karena barangnya langka kita hanya memberikan empat, yakni RSPAD, RS Fatmawati, RS Covid-19 Wisma Atlet, dan RSUD Bung Karno," kata Muhammad Nur, Sabtu (18/12/2021).

Menurut dia penyerahan bantuan oksigen generator merupakan bagian dari arahan Presiden Jokowi dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Kita juga menyalurkan tabung oksigen sebanyak 3.700 tabung di seluruh Pulau Jawa dan Kalimantan Tengah karena kebutuhan yang mendesak," terang dia.

Disamping itu, lanjut dia, Bank Indonesia juga menyalurkan oksigen konsentrator yang diberikan ke rumah sakit lapangan yang dikelola oleh TNI-Polri.

Muhammad Nur menambahkan lebih dari 60.000 alat pelindung diri disiapkan guna mendukung upaya penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Atas arahan Bapak Presiden kita aktif melakukan vaksinasi untuk mempercepat vaksin di Indoensia. Kita mencapai target hampir 3,5 juta vaksin di seluruh Indonesia," tutur dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berharap bantuan oksigen generator dari Bank Indonesia dapat mensuplai kebutuhan oksigen pasien RSUD Bung Karno.

Selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan oksigen di rumah sakit yang ada di Solo dapat penanganan Covid-19.

"Tadi sudah diberitahukan bagaimana cara pengisiannya ke tabung-tabung jadi kita bisa membantu rumah sakit se-Solo Raya, bahkan se-Jateng," ungkap Gibran.(K136-17)

https://regional.kompas.com/read/2021/12/18/143050778/bi-serahkan-bantuan-oksigen-generator-senilai-rp-648-miliar-ke-rsud-bung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke