Salin Artikel

Revitalisasi Benteng Nieuw Victoria, Pemkot Ambon Bentuk Tim Pembebasan Lahan Januari 2022

Saat ini markas Kodam XVI Pattimura masih berada di dalam area Benteng Nieuw Victoria tersebut. 

“Januari kita sudah bentuk tim untuk pembebasan lahan. Kalau itu sudah oke, maka lanjut ke perencanaan pembangunan Kodam baru,” ungkap Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dalam keterangan tertulis, Senin (13/12/2021).

Pembentukan tim pembebasan lahan Kodam Pattimura ini merupakan respons atas pernyataan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang sangat mendukung upaya pemerintah kota Ambon untuk merevitalisasi Benteng Nieuw Victoria.

Saat kunjungannya ke Ambon pekan kemarin, Panglima TNI juga menyatakan tidak akan menghalang-halangi tujuan Pemkot Ambon untuk mengalihfungsikan benteng peninggalan Portugis tersebut untuk dijadikan sebagai aset pemkot Ambon.

Andika pun menegaskan bahwa prajurit Kodam Pattimura siap dipindahkan di lokasi mana pun.

Sesuai rencana Pemkot Ambon, markas Kodam Pattimura yang baru akan dibangun di lahan seluas 70 hektar di kawasan Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon.

Menurut Richard, terkait dengan pemindahan lokasi kodam Pattimura ke Tawiri, nanti akan dibicarakan secara khusus dengan pihak Kodam.

“Untuk lahan yang dibutuhkan, sekitar 60 sampai 70 hektar. Nanti kita buat pertemuan khusus,” ujar Walikota.

Adapaun  terkait dengan progres revitalisasi Benteng Nieuw Victoria, Richard mengaku bahwa Panglima TNI telah meminta Pangdam Pattimura untuk mengawal proses peralihan benteng tersebut ke Pemkot Ambon.

Saat ini, lanjut Richard, terkait dengan proses revitalisasi telah memasuki tahap finalisasi atau akhir, yaitu mengkaji secara akademis tentang urgensi dari Benteng Victoria.

“Sudah dikaji dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kebudayaan. Bahkan sudah selesai, dan mereka telah memberikan yang namanya executive summary,” paparnya.

Dia menambahkan, kajian tersebut merupakan kajian resmi, yang nantinya akan dipaparkan di Bappenas, dan Kementerian Keuangan.

“Kita akan ketemu dengan Bappenas, dan Kementerian Keuangan, untuk menjelaskan dan menyampaikan kajian resmi ini. Dari situ nanti, baru lanjut ke tahap-tahap berikut, seperti yang saya katakan tadi, yakni pembentukan Tim Pembebasan Lahan di Januari mendatang,” ungkapnya.

Menurutnya, proses revitalisasi Benteng Nieuw Victoria sesuai rencana akan dilakukan secara bertahap. 

“Akan dilakukan bertahap, sampai 2024 baru tuntas,” tandasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/13/145451278/revitalisasi-benteng-nieuw-victoria-pemkot-ambon-bentuk-tim-pembebasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke