Salin Artikel

Sumedang Sukses Bangun Ekosistem Digital UMKM Saat Pandemi, Raih Penghargaan Natamukti

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, penghargaan Natamukti ini diraih karena Sumedang dinilai telah sukses membangun ekosistem ekonomi untuk para pelaku Usaha Miko, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Sumedang.

Penghargaan ini, kata Dony, merupakan ajang yang digelar oleh Indonesia Council for Small Buniness (ICSB) bersama Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI.

"Penghargaan ini sebagai apresiasi kepada kabupaten/kota, yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing di masa Pandemi Covid-19," ujar Dony kepada Kompas.com usai menerima penghargaan secara virtual di Gedung Negara, Sumedang, Kamis (9/12/2021) sore.

Dony menuturkan, penghargaan ini diberikan setelah melalui proses seleksi dan penjurian yang melibatkan akademisi, peneliti dan praktisi penggerak UMKM.

Kemudian, kata Dony, telah melalui proses validasi akhir bersama dengan Tim Kementerian Koperasi dan UKM.

"Setelah melalui proses itu, Sumedang bersama 22 kabupaten lainnya di Indonesia berhak mendapatkan penghargaan Natamukti," tutur Dony.

Sumedang sukses bangun ekosistem digital UMKM

Dony menyebutkan, Sumedang meraih penghargaan ini karena dinilai telah berhasil memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, dan membangun ekosistem UMKM.

"Kami berinisiatif dalam memberikan pelatihan kewirausahaan berbasis sumber daya lokal, pelatihan kewirausahaan produktif hingga pelatihan peningkatan kapasitas kewirausahaan. Sehingga, terpilih dan meraih penghargaan ini," sebut Dony.


Dony menambahkan, Sumedang juga dipandang mampu membangun ekosistem digital bagi UMKM.

Sehingga, kata Dony, UMKM terus bisa berlangsung, berlanjut dan berkembang meskipun di saat pandemi Covid-19 ini.

"Kami dipandang berhasil mengembangkan UMKM menjadi yang unggul dan bisnisnya bisa terus berlangsung dalam situasi yang tidak menentukan di masa pandemi ini," ujar Dony.

Dikatakan Bupati, penghargaan Natamukti menjadi inspirasi bagi Pemerintah Sumedang untuk terus memperhatikan keberlangsungan UMKM di Sumedang.

"Harapan kami, UMKM Sumedang  ekosistem digitalnya betul-betul dibangun. Para pelaku UMKM maju terus, dan kami pastikan, pemerintah ada di belakang para pelaku UMKM ini," kata Dony. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/10/090752578/sumedang-sukses-bangun-ekosistem-digital-umkm-saat-pandemi-raih-penghargaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke