Salin Artikel

Tinjau Program Pengembangan Sepak Bola Surabaya-Liverpool, Ini Kata Dubes Inggris

Program tersebut merupakan bagian dari hubungan kerja sama sister city antara Kota Surabaya dan Kota Liverpool, Inggris.

"Pandemi tidak menghentikan kerja sama kita. Baru-baru ini saya juga menghadiri program pendidikan bagi pelatih elite secara online oleh Tranmere Rovers FC (TRFC), Liverpool, Inggris. Saya senang hari ini dapat bertemu dengan beberapa pelatih yang menghadiri program pelatihan tersebut," kata Owen Jenkins di Gelora 10 November, Rabu.

Selain itu, ia mengaku senang ketika mendengar program kerja sama yang dimulai pada 2018 itu akan berlanjut hingga tahun depan.

Selanjutnya, para pemain elite atau terbaik asal Surabaya, akan berangkat ke Inggris dan berlatih bersama Tranmere Rovers FC.

"Ini adalah kesempatan besar bagi pemain muda untuk melihat cara kerja klub sepak bola profesional Inggris, mempelajari budaya sepak bola Inggris dan membawa keterampilan dan berbagi pengalaman baru saat kembali ke Indonesia," ujar dia.

Selain program Garuda Select yang juga dilakukan di Inggris, Owen Jenkins menyatakan, program kerja sama pengembangan sepak bola di Surabaya ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

"Kami berharap upaya ini akan meningkatkan prestasi Tim Nasional Indonesia, dan kami ingin melihat Indonesia berpartisipasi di Piala Dunia. Tentunya, saya akan memberi semangat untuk pemain sepak bola Indonesia yang mudah-mudahan bisa bergabung dan bermain untuk tim saya, yaitu Arsenal," kata dia.

Menurut dia, sepak bola adalah olahraga yang dicintai oleh miliaran orang di dunia.

Selain baik untuk kesehatan fisik dan mental, sepak bola mengajarkan anak-anak dan remaja tentang sikap disiplin, saling menghargai, kepemimpinan, dan pentingnya bekerja sama dalam sebuah tim.

"Ini semua adalah keterampilan hidup yang penting untuk generasi berikutnya. Karena saya juga bisa melihat perkembangan masa depan Surabaya yang tercermin dari warganya," ujar dia.

Apalagi, kata dia, Kota Surabaya bakal menjadi tuan rumah piala dunia U-20 pada 2023. Baginya, hal ini tentu menjadi sebuah kesempatan yang baik bagi Kota Surabaya.


Oleh karena itu, Owen siap mendukung Kota Pahlawan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan piala dunia tersebut.

"Kami di Inggris ingin mendukung anda (Surabaya) menjadi tuan rumah dari acara global yang bergengsi ini. Surabaya dan Liverpool adalah mitra yang sama hebatnya," kata Owen.

"Program sepak bola yang kita lihat hari ini, adalah salah satu dari banyak proyek yang telah membuahkan hasil karena nota kesepahaman yang ditandatangani pada tahun 2018," ungkap dia.

Lebih lanjut, Owen Jenkins menerangkan, sepak bola bukan satu-satunya bentuk kerja sama sister city Surabaya-Liverpool.

Sekarang ini, Surabaya-Liverpool juga bekerja sama dalam ilmu olahraga dan pengembangan pemuda.

"Inggris adalah salah satu pembimbing global dalam ilmu olahraga, dan Surabaya sekarang bekerja sama dengan Liverpool Dortmund University. Salah satu dari 10 universitas terbaik dunia dalam hal ilmu olahraga," ujar dia.

Pihaknya berharap, anak-anak maupun para pelatih yang mengikuti program tersebut, memiliki tekad dan komitmen yang kuat mengembangkan sepak bola di Kota Surabaya.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan pelatih. Tanpa semangat dan komitmen anda, program yang kita jalankan bersama tidak akan terwujud. Maju terus Inggris dan Indonesia," tutur Owen.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/02/070349378/tinjau-program-pengembangan-sepak-bola-surabaya-liverpool-ini-kata-dubes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke