Salin Artikel

62 SMK Berlomba Beralih Status Jadi BLUD, Dindik Jatim Ungkap Alasannya

Menurut dia 62 SMK itu telah memasuki proses penilaian dari OPD terpadu yakni Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Jatim, Badan Perencanaan Daerah (BAPPEDA), Dinas Pendidikan (Dindik) dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Jatim.

Sebab dalam hal ini yang dapat memberikan analisis persetujuan adalah BPKAD Jatim.

"Dindik Jatim hanya memfasilitasi saja dan pertimbangan dari OPD terpadu yang masuk jadi tim, yang akan memberikan analisis persetujuan adalah BPKAD lalu keputusan tetap ada di gubernur," ungkap dia saat dikonfirmasi via telepon, Sabtu, (20/11/2021).

Dia menjelaskan bahwa saat ini Jawa Timur telah memiliki 20 SMK yang bersatatus BLUD.

Jika nantinya 62 SMK lolos maka Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki SMK BLUD terbanyak, yakni 82 SMK.

"Yang sudah ada sekarang ada 20 SMK. Nah data ini sudah terbanyak di antara provinsi yang ada di Indonesia apalagi nanti 62 yang mengajukan ini lolos semua," papar dia.

Hal ini juga merupakan instruksi Gubernur Khofifah Indar Parawansa, yang menginginkan ada tambahan SMK BLUD di tahun 2021 ini.

Namun, Khofifah hanya meminta 57 SMK agar di akhir tahun Jatim memiliki 77 SMK BLUD.

Berkat komunikasi dan koordinasi yang dilakukan Wahid dengan pihak SMK yang ada di Jatim ternyata pengajuan melebihi dari angka yang diminta oleh Gubernur Khofifah, mencapai angka 62 lembaga.


Pentingnya SMK BLUD

Wahid memaparkan mengapa SMK BLUD amat penting dimiliki oleh daerah.

Sebab, sekolah tersebut bisa langsung membekali siswa yang memiliki kompetensi keahlian selama belajar.

Kompetensi itu sesuai kebutuhan yang ada di lapangan, seperti contoh SMK yang sudah jadi BLUD seumpama memiliki gedung pertemuan atau hotel maka sejumlah layanan bisa ditawarkan kepada masyarakat yang akan membutuhkan.

"Begitu berstatus SMK BLUD maka sekolah bisa memanfaatkan sarana dan prasarana yang dia miliki. Banyak SMK yang sudah punya hotel, yang punya gedung ruangan pertemuan, yang miliki jurusan tata boga, tata kecantikan, tata busana. Ini bisa dimanfaatkan pembelajaran bisnis," beber dia.

"Karena ini konteks bisnis maka harus  bersaing dan tentu harganya lebih murah dari pada luar, sekarang SMKN 6 Surabaya itu sudah BLUD, dia punya hotel dia punya gedung pertemuan. Sehingga dia sudah bisa memberikan layanan kepada masyarakat," cetus dia.

Adapun keuntungan yang diperoleh dari hasil hal tersebut bisa menjadi tambahan pemasukan uang ke sekolah.

Tetapi hal yang lebih penting lagi adalah konteks pembelajaran kepada para siswa.

Sehingga siswa bisa belajar menjadi wirausahawan, mereka sudah memiliki modal pengalaman.

Syarat SMK yang ajukan perubahan status BLUD

Adapun syarat utama bagi SMK yang hendak mengajukan perubahan status ke BLUD yaitu SMK tersebut sudah bisa memiliki produk yang ditawarkan.

Jika berupa barang maka produksinya harus terus menerus. Jika jasa maka sarana dan prasarana yang harus memadai.

Kemudian potensi yang dimiliki oleh SMK tersebut dituangkan dalam sebuah proposal serta diajukan ke Dinas Pendidikan Jatim.

"Nah kesiapan inilah yang harus dituangkan dalam proposal kemudian kami minta memaparkan dan akan dinilai oleh opd terpadu tidak hanya didik Jatim," cetus dia.

Karena statusnya adalah BLUD maka ada pembagian hasil yang masuk ke daerah, nanti akan ada catatan dari BPKAD yang nominalnya bisa dimusyawarahkan.

"Karena konteks BLUD ini bukan semata-mata layanan usaha milik daerah memang yang memprioritaskan penghasilan. Tapi prioritas nya adalah pembelajaran. Jadi bisa dimusyawarahkan dengan BPKAD," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/20/072450678/62-smk-berlomba-beralih-status-jadi-blud-dindik-jatim-ungkap-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke