Salin Artikel

Hujan Disertai Angin Kencang di Ciamis, 3 Rumah Rusak Tertimpa Pohon

CIAMIS, KOMPAS.com - Sejumlah pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang di wilayah Desa Sirnabaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis dalam beberapa hari terakhir.

Tercatat sebanyak tiga rumah warga rusak tertimpa pohon dan harus mengungsi ke lokasi aman.

Kapolsek Rajadesa AKP Iis Yeni Idaningsih mengatakan, sesuai data di lapangan terdapat pohon jenis albasia dan afrika dengan tinggi puluhan meter tumbang menimpa tiga rumah warga di Dusun Kubang, Desa Sirnabaya.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB saat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang, Selasa (16/11/2021).

Polsek Rajadesa bersama petugas BPBD dan relawan pun bergerak cepat mendatangi lokasi.

Setibanya di lokasi, anggota Polsek Rajadesa mengecek situasi dan kondisi serta mencari keterangan dari para saksi.

"Kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil akibat tiga rumah yang rusak," jelas Iis, Rabu (17/11/2021) sore.

Selain melakukan pendataan, lanjut Iis, anggotanya juga turut serta membantu petugas BPBD, relawan dan masyarakat mengevakuasi pohon yang menimpa rumah warga.

"Kerugian materil diperkirakan sekitar Rp 30 juta lebih," tambahnya.

Iis pun menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam yang  terjadi akibat cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir ini.

Mengingat, saat ini telah memasuki musim penghujan dan disertai angin kencang.

Sementara itu, sampai sekarang pemilik rumah masih mengungsi dan sejumlah rumah yang rusak sedang dalam proses perbaikan.

"Kami minta masyarakat untuk tetap waspada, dan kepada warga yang di sekitarnya terdapat pohon yang rentan tumbang untuk segera menebang agar tidak menimpa bangunan rumah ketika hujan deras disertai angin kencang datang kembali," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/17/174040878/hujan-disertai-angin-kencang-di-ciamis-3-rumah-rusak-tertimpa-pohon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke