Salin Artikel

Peringati Hari Pahlawan di Blora, Ganjar Sowan ke Masyarakat Adat Samin

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut mengunjungi sedulur sikep yang berada di Kampung Samin Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo. 

Dia turut bertemu dengan tokoh sedulur sikep, Mbah Lasiyo.

"Sebenarnya saya sudah lama ingin silahturahmi ke sini lagi, bertemu Mbah Lasiyo. Nah ini mumpung pas ke Blora bertepatan dengan Hari Pahlawan maka kami sowan," ucap Ganjar, Rabu (10/11/2021).

Kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah ini untuk melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan menara air atau tower jaringan air bersih, dan pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Selain itu, Ganjar juga mengajak para warga lansia untuk ikut menyukseskan vaksinasi demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Alhamdulillah ternyata sudah vaksin tahap pertama, kami berharap ke depan bisa ikut lagi dosis kedua. Kita minta agar Pak Bupati dan seluruh jajarannya terus ikut mendorong vaksinasi ini. Sedulur Sikep bisa menjadi role model," ujar dia.

Gubernur juga meminta masyarakat sedulur sikep Samin di Klopoduwur terus semangat mempertahankan dan melestarikan kearifan lokalnya, termasuk menjaga kelestarian hutan di sekitarnya.

Tak lupa Ganjar juga menyerahkan KIS (Kartu Indonesia Sehat) kepada warga setempat secara simbolis kepada 5 orang perwakilan.

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman merasa bersyukur atas perhatian Gubernur Jawa Tengah terhadap masyarakat sedulur sikep (samin) Karangpace yang dipimpin Mbah Lasiyo.

“Dengan bantuan pembangunan tower dan pipanisasi air bersih dari embung Kedungsambi, semoga ke depan kebutuhan air bersih bagi masyarakat sini bisa terbantu. Maturnuwun Pak Gubernur," ucap Arief Rohman.

Selain berterima kasih, dia juga mendoakan agar ke depan Ganjar Pranowo bisa menjadi pemimpin yang sukses dan tidak lupa dengan masyarakat bawah.

"Kulo mboten saged pidato dangu-dangu, sing penting nggih maturnuwun lan dongakake supados Pak Gubernur semakin sukses anggenipun dados pemimpin lan tansah kelingan kalih warganipun. Donga dinonga, tansah sami-sami seger waras nggih Pak Gubernur," ucap Mbah Lasiyo singkat.

Acara ditutup dengan ramah tamah sambil menikmati kuliner tradisional khas Sedulur Sikep Samin Karangpace, berupa nasi jagung dengan sayur lompong, oseng ikan asin, kerupuk dan peyek disajikan dengan pincuk daun jati.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/10/152515678/peringati-hari-pahlawan-di-blora-ganjar-sowan-ke-masyarakat-adat-samin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke