Salin Artikel

BMKG Catat Ada 45 Kali Aktivitas Gempa di Salatiga dan Sekitarnya

UNGARAN, KOMPAS.com - Hingga Rabu (10/11/2021) pukul 07.00 WIB, tercatat total 45 kali gempa swarm yang terjadi di wilayah Salatiga dan sekitarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan, gempa terbaru terjadi Selasa (9/11/2021) pukul 23.12 WIB di wilayah Ambarawa.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo M 2,8. Episenter terletak pada koordinat 7.29 LS dan 110.42 BT tepatnya di darat pada jarak 4 kilometer arah timur Ambarawa-Jawa Tengah dengan kedalaman 17 kilometer," terang Setyoajie kepada wartawan, Rabu (10/11/2021).

Setyoajie mengatakan, memperhatikan magnitudo, lokasi episenter, dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempa swarm ke-45 yang terjadi di Ambarawa dan sekitarnya.

"Guncangan gempa swarm ini dirasakan di Ambarawa dalam skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ungkapnya.

Dia mengimbau, masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Selain itu juga agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," kata Setyoajie.

Setyoajie juga meminta masyarakat untuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa.

"Ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," tegasnya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, jangan mudah memercayai hoaks atau kabar yang tidak benar," kata Setyoajie.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/10/092930078/bmkg-catat-ada-45-kali-aktivitas-gempa-di-salatiga-dan-sekitarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke