Salin Artikel

Pria Hanyut di Sungai Oya Gunungkidul Ditemukan Tewas, Terbawa Arus Sejauh 7 Km

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan akhirnya menemukan pria bernama Suseno, korban yang hanyut terbawa arus saat menyeberangi Sungai Oya, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Jasad Suseno ditemukan sejauh tujuh kilometer dari lokasi awal korban hilang, Senin (8/11/2021).

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta L Wahyu Efendi mengatakan, pencarian dilaksanakan sejak Suseno dinyatakan hilang pada Minggu (7/11/2021).

Tim SAR gabungan pada malam hari melakukan pencarian dengan menyusuri jembatan perbatasan Kalurahan Ngalang, Kapanewon Gedangsari dan Kalurahan Gading Playen.

"Korban ditemukan di jembatan bunder Gunungkidul dengan jarak tujuh kilometer (Km) dari lokasi kejadian pagi ini pukul 05.30 WIB," kata Wahyu dalam keterangan tertulis yang diterima Senin.

Dikatakan Wahyu, jasad Suseno kemudian dievakuasi menggunakan perahu karet.

"Operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur SAR Gabungan yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," kata Wahyu.

Diberitakan sebelumya, tim SAR gabungan berupaya melakukan pencarian terhadap Suseno (63), warga Padukuhan Jatirejo, Kalurahan Gari, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Suseno hilang saat menyeberangi Sungai Oya, Kalurahan Gari pada Minggu (7/11/2021), sekitar pukul 14.30 WIB.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto menyampaikan, korban atas nama Suseno hilang terbawa arus Sungai Oya setelah menggarap lahan.

"Korban sehabis menggarap lahannya di seberang Sungai Oya, berniat pulang dan menyeberang di Bendungan sungai di Padukuhan Gatak. Nah saat menyeberang, korban terpeleset jatuh ke aliran sungai," kata Suryanto saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Minggu.

Beberapa pemancing yang mengetahui peristiwa itu, lalu meminta tolong kepada warga.

Mereka juga berupaya mencari pelampung, untuk menolong korban, tetapi tidak berhasil.

Tim SAR Gabungan yang berasal dari BPBD Gunungkidul, SAR, Tagana, serta polisi dari Polsek Wonosari pun terjun untuk melakukan pencarian terhadap korban.

"Saat ini masih koordinasi karena arus Sungai Oya masih deras," kata Suryanto.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/08/081242178/pria-hanyut-di-sungai-oya-gunungkidul-ditemukan-tewas-terbawa-arus-sejauh-7

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke