Salin Artikel

Ratusan Pil Trex Dilempar ke Lapas Banyuwangi, Dipesan dari Mantan Napi dan Terekam CCTV

Adanya upaya penyelundupan pil trex dari pihak luar ke dalam Lapas pada Senin pagi (1/11/2021) sekira pukul 06.00 WIB, terbongkar usai aksi tersebut terekam kamera pengawas CCTV.

Dilempar dari luar tembok Lapas

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka. KPLP), Andri Setiawan mengemukakan, penyelundupan dilakukan dengan melemparkan Trihexyphenidyl atau pil trex dalam plastik hitam ke area Lapas.

"Setelah kami cek melalui CCTV, barang tersebut dibungkus plastik hitam dilempar dari luar tembok ke dalam Lapas," kata Andri saat dihubungi, Rabu (3/11/2021).

Dari rekaman CCTV itu, kata Andri, terlihat jelas pemesan barang haram tersebut. Sehingga tak butuh waktu lama identitas pemesan pun berhasil diungkap.

"Sebanyak 570 butir pil trex kita temukan di dalam kantong celana salah satu tahanan berinsial SP (36) warga asal Kecamatan Gedangan, Malang," bebernya.

Dipesan dari mantan napi

Menurt Andri, berdasarkan hasil pemeriksaan, SP mengaku memesan ratusan pil trex melalui Wartelsuspas (warung telepon khusus pemasyarakatan).

Dia mendapatkan barang tersebut dari seorang mantan napi yang 11 bulan lalu keluar dari Lapas Banyuwangi.

"Pengirim barang hingga kini masih buron, dan masih diselidiki kepolisian," tambahnya.


Atas perbuatannya itu, SP yang merupakan tahanan kasus pencurian dengan pemberatan ini dijebloskan ke straf sel (sel pengasingan) dan tercatat dalam "Register F".

"Sanksi dari Lapas, yang bersangkutan kita masukkan ke straf sel dan kita namanya kita masukkan ke dalam buku Register F atau catatan pelanggaran," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/03/101012878/ratusan-pil-trex-dilempar-ke-lapas-banyuwangi-dipesan-dari-mantan-napi-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke