Salin Artikel

Selasa Malam, Gempa M 5,0 Kembali Guncang Nias Barat, Tak Ada Laporan Kerusakan

Gempa terjadi di laut berjarak 138 Km Barat daya Kabupaten Nias Barat, dengan letak episenter 0.18 LU dan 96.50 BT. Kedalaman gempa 10 km. 

Tak ada laporan kerusakan pada gempa kedua sepanjang Selasa ini. 

Kepala Stasiun Geofisika Gunungsitoli Buha M Simanjuntak mengatakan, walaupun kekuatan gempa M 5,0 namun tidak menimbulkan tsunami. 

"Hanya sebagian warga yang merasakan gempa dan hingga kini belum ada aktivitas gempabumi susulan," kata Buha melalui pesan WhatsApp ke Kompas.com, Selasa malam. 

Hingga pukul 21.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Tak ada laporan kerusakan

"Informasi yang kita himpun, sebagian warga di dekat lokasi merasakan gempa, namun tak ada informasi kerusakan maupun kerugian,” lanjut Buha. 

Menurut dia, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal. 

Yakni, akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

"Kami mengimbau seluruh warga agar tetap tenang dan tidak terpicu isu menyesatkan," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/02/213512578/selasa-malam-gempa-m-50-kembali-guncang-nias-barat-tak-ada-laporan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke