Salin Artikel

Mensos Risma Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien, Kagum dengan Perjuangannya Mengusir Belanda

Risma mengatakan, ia merupakan pengagum berat Cut Nyak Dien sejak lama.

"Saya kagum dengan semangat perjuangan beliau sebagai perempuan yang berjuang melawan penjajahan Belanda," ujar Risma kepada sejumlah wartawan usai ziarah.

Risma menuturkan, setelah melihat makam Cut Nyak Dien, generasi muda wajib mengenang jasa-jasanya untuk Indonesia.

"Tentunya, sebesar nama beliau, kita harus memperhatikan terutama menghormati jasanya dan memberikan contoh bagi anak-anak kita," tutur Risma.

Risma menyebutkan, selain mengaku pengagum berat Cut Nyak Dien, ziarah makam ini dalam rangka menyambut Hari Pahlawan Nasional, yang diperingati tiap 10 November.

"Saya ingin anak-anak muda terutama generasi penerus mengerti, kemerdekaan tidak diraih dari pemberian tapi dengan perjuangan yang panjang," sebut Risma.

Generasi muda diajak mengenang jasa para pahlawan

Risma mengatakan, untuk mengenang jasa para pahlawan, ke depan, Kementerian Sosial akan mulai melakukan penyisiran makam-makam pahlawan.

Tujuannya, kata Risma, agar generasi muda Indonesia bisa diajari untuk berkunjung ke makam-makam para pahlawan di Indonesia.

"Ini jarang sekali dilakukan oleh bangsa-bangsa lain. Namun di Indonesia banyak sekali tokoh yang telah berjuang dengan keterbatasan untuk menyingkirkan penjajah yang luar biasa," ujar Risma.


Anggaran kemensos untuk tata makam pahlawan nasional

Risma menambahkan, Kementerian Sosial juga akan menangani bidang kepahlawanan dan Karang Taruna yang saat ini sedang mencoba membuat konsep bagi generasi muda untuk mengerti bahwa kemerdekaan diraih dengan cara yang luar biasa.

"Ada negara lain yang kemerdekaanya diraih dengan pemberian. Namun kemerdekaan Indonesia diraih dengan perjuangan," tutur Risma.

Risma menambahkan, khusus penataan kawasan Makam Cut Nyak Dien, akan melihat terlebih dahulu master plan dari Pemkab Sumedang.

"Nanti kita akan lihat desainnya dulu. Mudah-mudahan kami bisa membantu. Dengan anggaran yang terbatas, kita akan mulai menandai makam-makam pahlawan di Indonesia," terangnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, kedatangan Menteri Sosial Republik ke makam Cut Nyak Dien ini untuk mengetahui secara langsung kondisi di lapangan dan menginventarisasi kekurangan di kompleks pemakaman tersebut.

"Saya tadi sudah menyampaikan ada rencana Pemkab Sumedang untuk melakukan penataan, membuat gerbang baru yang langsung ke makam Cut Nyak Dien, dan perlu adanya pembebasan lahan. Ibu Risma nanti akan membantu," kata Dony. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/22/141328878/mensos-risma-ziarah-ke-makam-cut-nyak-dien-kagum-dengan-perjuangannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke