Salin Artikel

Siap-siap, Aplikasi PeduliLindungi Akan Diuji Coba di Pasar Wonodri Semarang

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi bakal diuji coba di Pasar Wonodri, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk memasuki pasar tradisional tersebut, pedagang dan pengunjung harus melakukan scan quick response code (QR code) lewat aplikasi PeduliLindungi.

Kepala Pasar Wonodri Ahmad Munif menjelaskan, pemindaian QR code rencananya bakal dilakukan di tiga pintu masuk pasar.

"Ini kita sedang menunggu setelah kita dapat persyaratan pengisian blanko. Kita tunggu dari Kemenkes dan Kemendagri," ucapnya, Rabu (29/9/2021).

Mengenai uji coba pemakaian aplikasi PeduliLindungi ini, Ahmad mengatakan bahwa pihak pasar telah melakukan sosialisasi bagi pedagang dan pengunjung.

Ahmad menambahkan, bagi pedagang dan pengunjung yang berusia lanjut, diperbolehkan menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19.

"Langkah awal kita sosialisasi. Intinya bagi pedagang dan pengunjung bagi yang membawa ponsel dengan aplikasi PeduliLindungi. Apabila pedagang yang sudah tua atau lansia, bisa tunjukkan kartu vaksinasi," paparnya.

Di Pasar Wonodri, terang Ahmad, dari total 773 pedagang, hampir sebagian besar sudah divaksin Covid-19.

"Insya Allah sudah divaksin semua ini kecuali yang ada penyakit bawaan. Pedagang juga banyak yang sudah divaksin di kelurahan," ujarnya.

Lewat kebijakan ini, Ahmad berharap agar Pasar Wonodri bisa menjadi percontohan yang baik bagi pasar-pasar lainnya terkait penerapan protokol kesehatan.


Ditemui di tempat terpisah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan dengan digunakannya aplikasi PeduliLindungi di Pasar Wonodri, diharapkan bisa menjadi standar masyarakat saat beraktivitas di pasar tradisional.

"Ini satu persatu, Pasar Wonodri nanti sambil berkembang. Semoga jadi standar masyarakat lakukan aktivitas, jadi ada protokol kesehatan dan sudah divaksin," tuturnya.

Salah satu pedagang, Yuli, mendukung penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat memasuki pasar.

Ia mengaku tak khawatir seandainya pelanggan berkurang karena adanya kebijakan itu.

"Enggak khawatir soalnya kan di mana-mana juga sudah pakai ya. Nanti paling juga jadi kebiasaan," ungkapnya.

Melansir dari covid19.go.id, Pasar Wonodri merupakan salah satu dari enam pasar rakyat yang menjadi sasaran uji coba penerapan aplikasi PeduliLindungi.

Pasar-pasar lain yang bakal melakukan uji coba penerapan aplikasi PeduliLindungi, yakni Pasar Mayestik (Jakarta), Pasar Blok M (Jakarta), Pasar Baltos (Bandung), Pasar Modern BSD (Tangerang Selatan), dan Pasar Modern 8 Alam Sutera (Tangerang).

Penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat memasuki pasar diharapkan bisa memberi rasa aman dan nyaman kepada pengunjung dari penularan Covid-19.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief), covid19.go.id

https://regional.kompas.com/read/2021/10/01/100923978/siap-siap-aplikasi-pedulilindungi-akan-diuji-coba-di-pasar-wonodri-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke