Salin Artikel

Anak di Bawah 12 Tahun di Karawang Tak Boleh Masuk Tempat Wisata, Pengunjung Dibatasi 25 Persen

KARAWANG, KOMPAS.com - Destinasi wisata di Karawang sudah diperbolehkan buka. Namun anak usia di bawah 12 tahun belum diizinkan masuk ke area tempat wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang Yudi Yudiawan mengatakan, tempat wisata sudah diperbolehkan buka sejak Karawang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Adapun operasional tempat wisata dengan jam buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

"Kapasitas 25 persen ya, anak di bawah 12 tahun belum boleh masuk," ungkap Yudi kantornya, Selasa (28/9/2021).

Yudi mengatakan, penerapan prokes protokol kesehatan (Prokes) di tempat wisata dilakukan dengan ketat.

Seperti setiap tempat wisata juga harus difasilitasi alat pengukur suhu, hand sanitizer atau tempat cuci tangan, dan masker.

Termasuk, apabila ada pengunjung tak pakai masker, maka harus diberi masker.

Pengawasan penerapan prokes di tempat wisata, kata Yudi, dilakukan oleh satuan tugas penanganan Covid-19 dan diawasi Disparbud Karawang.


Sehingga apabila tempat wisata kedapatan melebihi kapasitas pengunjung nantinya, maka destinasi wisata itu akan dibubarkan atau ditutup.

"Jumat (1/10/2021) kita keliling, nanti penindakannya oleh satgas," katanya.

Hanya saja, untuk penggunaan aplikasi PeduliLindungi belum bisa dilakukan di semua destinasi wisata. Sebab adanya keterbatasan jaringan internet.

Namun Pemkab Karawang telah memfasilitasi pemasangan wifi di sejumlah tempat wisata, yakni di Pantai Tangkolak, Pantai Sedari, Pantai Tanjungpakis, Green Canyon, Syech Quro, dan Curug Cigentis.

Semenjak dibuka, pengunjung tempat wisata naik sekitar 42 persen.

Ini diklaim sebagai respon positif setelah tempat wisata di Karawang tutup selama beberapa bulan sejak kasus Covid-19 melonjak di Karawang.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/28/134946478/anak-di-bawah-12-tahun-di-karawang-tak-boleh-masuk-tempat-wisata-pengunjung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke