Salin Artikel

Pembukaan PON Papua Libatkan 1.000 Penari Lokal, Sandiaga: Mudah-mudahan seperti Olimpiade

Kedatangan Sandiaga bertujuan untuk melihat langsung persiapan upacara pembukaan PON XX 2021.

Kepada media, Sandiaga menyatakan, konsep upacara pembukaan PON XX belum dapat diungkapkan ke publik karena ingin memberikan kejutan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Tugas khusus Kemenparekraf dalam PON XX adalah mensupervisi pembukaan dan penutupan. Ini tentunya kita ingin ada element of surprise, sesuatu yang dikemas dengan teknologi terkini, dengan pendekatan entertainment, tapi juga ada pesan-pesan nilai luhur bangsa kita, persatuan kesatuan dan ketangguhan kita menghadapi pandemi," ujarnya.

Hanya saja Sandiaga menjelaskan, apa yang akan disajikan dalam upacara pembukaan PON XX, memiliki makna gotong royong seluruh suku di Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Karena ini dari timur Indonesia, bagaimana ada satu semangat baru yang akan memotivasi bangsa ini untuk bangkit kembali," kata dia.

Upacara pembukaan PON XX 2021 di Stadion Lukas Enembe, diharapkannya bisa memenuhi ekspektasi seluruh masyarakat Indonesia yang haus akan hiburan sejak terjadinya pandemi Covid-19.

Bahkan menurut Sandiaga, upacara pembukaan PON XX, akan berstandar internasional.

"Nanti akan ada kejutan-kejutan yang mudah-mudahan sangat menghibur, semoga ini sama seperti Olimpiade Tokyo 2020," kata Sandiaga.


1.000 penari dilibatkan

Sementara Jonni BS Nugroho, EO Pelaksana Upacara Pembukaan dan Penutupan PON XX menjelaskan, personel yang terlibat dalam upacara pembukaan PON XX lebih dari 3.000 orang.

Khusus untuk penari, ia memastikan, seluruhnya adalah tenaga lokal yang memiliki keterampilan sangat baik dalam seni tari.

"Pengisi acara 1.000 penari 100 persen semua dari Papua, artis-artis lokal juga banyak akan tampil," ungkapnya.

Persiapan hingga pelaksanaan upacara pembukaan PON XX diklaim sangat menjaga protokol kesehatan.

Menurut dia, PON terselenggara dengan baik, maka kegiatan lain bisa dilakukan meski pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Kita targetnya bisa sebagai pilot project penyelenggaraan event dalam masa pandemi," kata Jonni.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/21/154653078/pembukaan-pon-papua-libatkan-1000-penari-lokal-sandiaga-mudah-mudahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke