Salin Artikel

Reruntuhan Bangunan Diduga Candi Ditemukan di Bukit Sepi Angin Magetan, BPCB Jatim: 4 Arcanya Hilang

MAGETAN, KOMPAS.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menyatakan kemungkinan ekskavasi atau penggalian di reruntuhan bangunan yang diduga bangunan candi di kawasan Bukit Sepi Angin, Kampung Wonomulyo, Desa Geni Langit, Kabupaten Magetan.

Hadi, dari BPCB Jawa Timur mengatakan, berdasarkan hasil observasi, kemungkinan adanya bangunan candi di kawasan tersebut diperkuat dengan penemuan kala di tengah hutan lindung tersebut.

“Kala ini sebuah relief yang biasanya diletakkan di ambang atas pintu candi,” ujar Hadi usai melakukan observasi, Sabtu (19/09/2021).

Hadi menambahkan, keberadaan bangunan candi diperkuat dengan kesaksian warga yang melihat empat arca di sekitar lokasi reruntuhan.

Sayangnya, arca-arca tersebut saat ini tidak diketahui keberadaannya.

“Setidaknya ada empat arca yang diketahui masyarakat, namun posisinya sekarang sudah hilang,” imbuhnya.

Hadi menuturkan, untuk memastikan reruntuhan di kawasan Bukit Sepi Angin berbentuk bangunan candi, batur, atau bangunan suci berbentuk teras, perlu dilakukan ekskavasi.

Pemerintah daerah Magetan, menurutnya, bisa menggandeng BPCB maupun Perhutani atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melakukan ekskavasi.

“Karena posisi keberadaan struktur ini berada di kawasan hutan lindung yang dikelola oleh Perhutani,” ucapnya.

Sebelumnya Penggiat budaya dan Dinas Pasiwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, menyambangi reruntuhan candi yang berada di Kampung Wonomulyo, Desa Geni Langit, Kecamatn Poncol, Kabupaten Magetan pada Hari Minggu (12/9/2021).

Reruntuhan candi di bukit Sepi Angin menyisakan kala, relief yang biasanya diletakkan di ambang atas pintu, jendela, atau relung candi serta pahatan batu yang tersebar di radius 30 meter.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/20/092335278/reruntuhan-bangunan-diduga-candi-ditemukan-di-bukit-sepi-angin-magetan-bpcb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke