Salin Artikel

Vaksinasi Covid-19 di Balikpapan Disebut Dikenai Tarif Rp 56.000, Ini Penjelasan Apindo

SAMARINDA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Timur (Kaltim) beri penjelasan surat edaran perihal pengenaan tarif vaksinasi Rp 56.000 per orang untuk dosis satu dan dua yang dikeluarkan 4 September 2021.

Ketua Apindo Kaltim, Slamet Brotosiswoyo bilang tarif itu hanya berlaku untuk perusahaan anggota Apindo Kaltim saja, tidak berlaku bagi masyarakat umum.

Dia menjelaskan dana tersebut digunakan untuk pembiayaan pelaksanaan vaksinasi sarana dan prasarana.

"Kami enggak diberikan biaya pelaksaanan. Biaya pelaksana inisiatif sendiri. Untuk itu, Apindo keluarkan edaran itu buat pembiayaan," ungkap dia saat dihubungi Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Slamet menjelaskan biaya yang ditarik dari anggota Apindo itu juga digunakan untuk vaksinasi yang melibatkan pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM).

"Jadi, ada subsidi silang. Sebagai contoh, pekan lalu kami adakan vaksinasi di (Gedung) Dome Balikpapan, ada 460 anggota Apindo yang bayar, tapi bisa cover 1.500 orang termasuk pelaku UMKM," terang dia.

Karena itu, bagi Slamet pungutan tarif itu hal wajar. Sebab, semua dikelola secara transparan. Apalagi setiap perusahaan anggota Apindo Kaltim membayar melalui transfer ke rekening Apindo Kaltim.

"Apindo tidak sembunyi-sembunyi. Coba cek di bank transfer berapa, digunakan berapa, semua jelas. Tidak ada yang sembunyi.  Tidak ada masuk kantong pengurus. Jadi jangan pikir negatif ya" dia mengingatkan.

Slamet mengatakan pihaknya menggelar vaksinasi dua hari secara berturut mulai Kamis (16/9/2021) dengan 2.500 penerima dan Jumat (17/9/2021) sebanyak 3.000 penerima.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/16/215333078/vaksinasi-covid-19-di-balikpapan-disebut-dikenai-tarif-rp-56000-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke