Salin Artikel

Destinasi Wisata Dibuka Bertahap, Sandiaga Uno: Sabar

Sebab, tempat-tempat wisata baru akan dibuka secara bertahap seiring dengan membaiknya status Covid-19 di masing-masing daerah.

"Pembukaan secara bertahap lebih baik daripada berlangsung cepat, tapi menimbulkan masalah baru. Jadi lebih baik masyarakat bersabar," katanya di Surabaya, Kamis (16/9/2021).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama pemerintah daerah saat ini sedang menyiapkan skema agar kegiatan wisata lebih sehat dan aman.

"Salah satunya dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jatim Sinarto menyebutkan, saat ini sudah ada 70 persen destinasi wisata di daerah dengan status PPKM level 2 di Jatim yang sudah buka dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Sekarang sudah ada sekitar 70 persen di daerah level 2, tapi wahana wisata air belum boleh buka dulu karena dianggap masih rawan penularan," jelasnya.

Wewenang pembukaan juga tergantung kebijakan pemerintah daerah dan pengelola wisata.

Berdasarkan assessment situasi Covid-19 dari Kemenkes RI, per 12 September 2021 yang dirilis pada 13 September 2021, enam kabupaten/kota di Jawa Timur masuk pada level 1 yaitu Lamongan, Jember, Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, dan Banyuwangi.

Sementara untuk level 2 terdapat 19 kabupaten/kota yaitu Tuban, Sumenep, Situbondo, Sampang, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Madiun, Kota Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu, Kab. Kediri, Jombang, Bojonegoro dan Bangkalan.

Adapun untuk daerah status PPKM level 3 tercatat ada 13 kabupaten/kota di Jatim. Yaitu Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Magetan, Lumajang, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Kab. Bondowoso, dan Blitar.

Sedangkan berdasarkan Inmendagri Nomor 42 Tahun 2021, ada sejumlah daerah yang ditetapkan masuk dalam level 2 yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Jember, Kota Kediri, Kabupaten Jombang, Kabupaten Tuban.

Kemudian Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pamekasan, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Bojonegoro

Menurut Inmendagri, daerah dengan level 3 (tiga) yaitu Kabupaten Tulungagung,
Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Madiun.

Kemudian, Kabupaten Lumajang, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Lamongan,
Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Bangkalan.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/16/181658678/destinasi-wisata-dibuka-bertahap-sandiaga-uno-sabar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke