Salin Artikel

Semua Daerah di Jatim Berstatus Zona Kuning Covid-19, Kecuali Kota Ini

SURABAYA, KOMPAS.com - Hampir seluruh daerah atau sebanyak 37 daerah di Jatim berstatus zona kuning atau berisiko rendah penularan Covid-19.

Hanya satu daerah yang berstatus zone oranye atau risiko sedang, yakni Kota Blitar.

Kondisi tersebut berdasarkan data Satgas Covid-19 Nasional per 15 September 2021 yang menyebut saat ini daerah dengan zona kuning di Jatim sudah mencapai 97,37 persen.

Dengan demikian, status zonasi peta resiko Covid-19 yang bisa diakses di https://covid19.go.id/peta-risiko, nampak peta Jatim didominasi warna kuning.

"Alhamdulillah, 97,37 persen daerah di Jatim dinyatakan oleh Satgas Covid-19 Nasional masuk risiko rendah atau zona kuning," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (16/9/2021).

Status zonasi sebuah daerah menurut dia sangat penting untuk kondisi saat ini sebagai salah satu acuan dalam menentukan tindakan dan kebijakan.

"Untuk saat ini, setiap kebijakan ataupun tindakan yang akan diambil memang harus disesuaikan dengan level serta zonasi peta risiko sebuah daerah," ujar dia.

Meski sebagian besar daerah sudah masuk zona kuning, dia tetap mengingatkan warganya untuk jangan kendor melaksanakan protokol kesehatan.


"Jangan kendor, karena protokol kesehatan itu kunci," ucap Khofifah.

Berbagai komponen penanganan Covid-19 di Jatim juga mengalami perbaikan sejak Rabu kemarin, di antaranya bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit.

Dari 3 Juli 2021 ke 14 September 2021, BOR ICU RS turun dari 78 persen menjadi 18 persen atau mengalami penurunan sebanyak 60 persen.

BOR Isolasi RS turun dari 81 persen ke 13 persen atau terjadi penurunan sebanyak 68 persen.

Begitu juga dengan BOR RS Darurat mengalami penurunan dari 69 persen menjadi 18 persen atau turun sebanyak 51 persen. 

https://regional.kompas.com/read/2021/09/16/132948878/semua-daerah-di-jatim-berstatus-zona-kuning-covid-19-kecuali-kota-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke