Salin Artikel

Balita di Tegal yang Gemar Makan Tanah Dinyatakan Sehat

VF anak dari pasangan Carmo (50) dan Umrotun (41) dari keluarga tidak mampu di Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, dinyatakan dalam kondisi sehat.

"Bagian dada dan perutnya dirontgen. Alhamdulillah kata dokter hasilnya semua baik-baik saja. Tidak ada yang sakit," kata Umrotun di kediamannya, Selasa (14/9/2021).

Sebelumnya, VF dirujuk ke RSUD Kardinah setelah dikunjungi Kepala Dinas Kesehatan dr. Sri Prima Indraswari dan Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, Senin (13/9/2021) pagi.

"Beberapa kali memang sakit perut dan mencret, namun tidak lama," kata Umrotun.

Saat sakit perut itu, Umrotun tidak pernah membawanya ke dokter, tapi hanya diberi puyer.

"Setelah dikasih obat warung alhamdulillah sembuh. Jadi tidak pernah dibawa ke dokter," pungkas Umrotun.

Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro berharap agar orangtua VF lebih mengawasi. Sehingga buah hatinya tidak lagi memakan serpihan tembok dan tanah.

"Meski saat ini tidak ada keluhan kesehatan, namun dikhawatirkan nanti akan berdampak pada tubuhnya jika masih dibiarkan memakan sesuatu yang bukan peruntukannya," kata Kusnendro, saat berkunjung ke rumah VF, Senin (13/9/2021).


Kusnendro juga meminta agar Pemkot bisa memfasilitasi pengurusan administrasi kependudukan, sehingga bisa diusulkan untuk mendapatkan bantuan pemerintah.

"Memang selama ini belum menerima sejumlah bantuan karena memang terganjal pada administrasi. Karenanya, kami meminta kepada pihak terkait agar bisa memfasilitasinya," kata Kusnendro.

Ayah VF, Carmo mengaku bersyukur anaknya baik-baik saja.

Di sisi lain, ia ingin segera mengurus administrasi kependudukan agar bisa mendapat bantuan pemerintah.

Carmo sendiri mengaku sebagai keluarga tak mampu secara ekonomi. Ia hanya tukang servis elektronik dengan penghasilan tak menentu.

Meski tergolong tak mampu, keluarga Carmo belum sekalipun mendapat bantuan dari pemerintah karena tak memiliki Kartu Keluarga (KK).

Diakui Carmo, ia sulit mengurus KK, karena belum resmi bercerai dengan istri pertamanya.

"Nanti saya akan berupaya untuk menyelesaikan secara kekeluargaan dengannya," pungkas Carmo.

Kepala Kelurahan Debong Lor Agus Tirto, mengatakan, keluarga Carmo agar menyelesaikan persoalan administrasi agar bisa mendapatkan bantuan pemerintah.

"Karena saat ini yang bersangkutan KTP dan KK-nya masih di luar wilayahnya. Agar bisa mengurus administrasi kependudukan, pak Carmo juga harus tegas. Apakah akan menceraian istri pertamanya atau bagaimana? Jadi diselesaikan dulu," ujar Agus.

Jika urusan pribadinya sudah diselesaikan, pihak kelurahan setempat siap memfasilitasi agar bisa mendapatkan administrasi kependudukan yang baru.

"Karena syarat untuk memperoleh bantuan itu harus ada administrasi kependudukan yang jelas," pungkas Agus.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/14/130143078/balita-di-tegal-yang-gemar-makan-tanah-dinyatakan-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke