Salin Artikel

Saat Lantik Bupati Labuhanbatu, Gubernur Edy Sindir Rendahnya Serapan Anggaran

Dalam prosesi pelantikan yang dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur di Medan itu, Edy menyindir serapan anggaran Pemkab Labuhanbatu yang masih rendah.

"Baru 38,5 persen penyerapan anggaran (Pemkab Labuhanbatu)," kata Gubernur Edy Rahmayadi.

Dia menyebutkan, dengan serapan anggaran yang masih rendah itu, maka kerja pemerintah dalam menjalan program pembangunan di daerah tak maksimal.

Dia menekankan, seharusnya serapan anggaran di kabupaten paling tidak sudah di atas 50 persen. Namun, sampai saat ini masih di level 38,5 persen.

"Bulan sudah tinggal empat bulan efektif Anda bekerja. Saya tidak tahu ini wajar atau tidak. Ini masih rendah sekali," kata Edy.

Edy Rahmayadi meminta Erik dan Ellya segera melakukan konsolidasi dengan DPRD dan Forkopimda setempat untuk mengoptimalkan serapan anggaran pada bulan tersisa pada bulan-bulan akhir tahun ini.

Hal ini dimaksudkan agar proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sana bisa lebih dipercepat.


Apalagi, saat ini di tengah masih merebaknya Covid-19, investasi juga makin sulit masuk. Perekonomian juga terpukul.

Pemerintah terpaksa mengandalkan dana yang ada saat ini, baik dari APBD maupun APBN untuk pembangunan, termasuk mengandalkan serapan PAD yang juga tertekan pandemi.

Selain mempercepat konsolidasi di daerah, kepala daerah yang baru dilantik itu diminta untuk segera menyusun program kerja kemudian melakukan sinkronisasi dengan program jangka pendek, menengah dan panjang yang disusun oleh Pemprov Sumut.

"Ini mudah diucapkan, tapi sulit dilaksanakan. Tapi kita butuh program kerja yang berkesinambungan," pungkas Edy.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/13/112148078/saat-lantik-bupati-labuhanbatu-gubernur-edy-sindir-rendahnya-serapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke