Salin Artikel

Temui Penerima Kartu Prakerja, Menko Airlangga Akui Terima Banyak Keluhan Selama Pandemi

Airlangga mengatakan, banyak permasalahan yang diadukan kepada dirinya adalah persoalan dampak pandemi Covid-19 yang dialami masyarakat.

"Namun program Kartu Prakerja telah mampu membangkitkan semangat masyarakat untuk berwirausaha tanpa pandang usia," kata Airlangga di Hotel JW Marriot Medan, Kamis (9/9/2021).

Tak hanya itu, Airlangga juga mengungkapkan rasa bangganya kepada masyarakat yang tidak menyerah di tengah situasi sulit di masa pandemi ini.

Selain itu, Para penerima Kartu Prakerja bercerita tentang kegiatan mereka saat ini, dan bagaimana manfaat Kartu Prakerja dalam kehidupan mereka.

Dalam perbincangan tersebut Hartanto bertanya seputar kebutuhan para penerima Kartu Prakerja.

"Banyaknya pilihan program pelatihan yang disediakan oleh program Kartu Prakerja terbukti mampu memenuhi kebutuhan dan minat masyarakat saat ini," ungkapnya.

Saat ini tercatat sebanyak 35 persen dari penerima Kartu Prakerja berubah dari tidak mendapat pekerjaan menjadi bekerja, dan 17 persen memilih untuk berwirausaha.

Secara nasional untuk Gelombang 1 hingga 19 total pendaftar Kartu Prakerja sebanyak 70.197.042 orang. Sementara yang telah menerima bantuan ini sebanyak 10.081.935 orang.

Dia merinci, pendaftar di Sumut sebanyak 1.452.763 orang dan total penerima 398.138 orang. Sedangkan di Kota Medan sebanyak 374.763 orang dan total penerima 108.827 orang.

Penjualan dan pemasaran seperti bisnis online mendominasi kategori pelatihan paling diminati oleh peserta program Prakerja setelah gaya hidup, makanan dan minuman, manajemen dan pelajaran bahasa asing.


Cerita alumni penerima kartu prakerja

Salah seorang alumni program Prakerja Gelombang 15 Elsa Bena, sebelumnya dia adalah mantan karyawan swasta yang menjadi korban PHK pada April 2020 lalu akibat pandemi Covid-19.

Mendapat informasi dari teman tentang program Kartu Prakerja, Ia mencoba mendaftar namun sempat gagal beberapa kali hingga akhirnya berhasil diterima. "Sempat gagal juga, tapi akhirnya bisa diterima," katanya.

Ia mengambil tiga pelatihan yang terkait dengan kegiatan bisnis UKM. Saat ini, kegiatan Elsa berjualan online menjual minuman sari kacang hijau. Ia merasa pelatihan yang diikutinya sangat bermanfaat bagi bisnis minumannya.

Omzet penjualannya pun mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Dana insentif yang ia terima digunakan untuk modal usaha sari kacang hijaunya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/09/215527178/temui-penerima-kartu-prakerja-menko-airlangga-akui-terima-banyak-keluhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke