Salin Artikel

Cerita Para Siswa di Hari Pertama PTM, Ada yang Lupa Cara Membaca hingga Tanya Kepala Sekolah "Kamu Siapa"

Para siswa sangat antusias mengikuti PTM untuk pertama kali. 

Ada beberapa hal unik yang ditemukan ketika PTM mulai digelar.

1. Siswa lupa cara membaca

Seorang siswa kelas 4 SD di Cianjur, Jawa Barat, dilaporkan lupa cara membaca saat PTM kembali digelar.

Berdasarkan penelusuran Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur, ternyata selama masa pembelajaran di rumah, murid tersebut tidak ada yang mengajari atau memperhatikan kegiatan belajarnya.

Sang ibu sibuk bekerja lantaran ayah siswa itu sudah meninggal.

"Jadi ada murid kelas 4 sekolah dasar yang lupa cara membaca karena kelamaan di rumah. Setelah kami telusuri ternyata ibunya bekerja dan ayahnya sudah meninggal, jadi tak ada yang memperhatikannya saat belajar di rumah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Himam Haris, di Kampus SMKN 1 Cianjur, Senin (6/9/2021), dikutip dari Tribun Jabar.

Selain fokus untuk membantu siswa tersebut, para guru juga memeriksa satu per satu kondisi para murid, khususnya yang duduk di sekolah dasar.

"Khawatirnya ini ada lagi kasus serupa. Tapi saya menerima laporan bahwa di sekolah tersebut gurunya sudah berembuk untuk mencari solusi yang baik bagi pelajar tersebut," kata Himam.

2. Tak tahu ruang kelas dan toilet

Seperti di daerah lainnya, Provinsi Banten juga mulai menggelar PTM terbatas untuk jenjang SMA dan SMK, Senin (6/9/2021). Termasuk SMAN 1 Kota Serang.

Kepala SMAN 1 Kota Serang Muhamad Najih menyampaikan, pada hari pertama dimulai PTM sejumlah siswa tidak mengetahui ruang kelas dan toilet.

Maklum, sudah cukup lama siswa tidak ke sekolah. Apalagi siswa baru yang baru masuk.

"Ada yang lucu unik di hari pertama, kebetulan yang masuk hari ini kelas 10. Siswa baru banyak yang tidak tahu lokasi ruang kelasnya, toiletnya, pasti (engga kenal kepala sekolahnya) karena kecil," kata Najih kepada wartawan, Senin.

Untuk itu, guru membantu siswa memperkenalkan setiap ruangan dan guru-guru yang mengajar.

3. Tak kenal kepala sekolah

Kepala Sekolah SMPN 1 Rangkasbitung Sudirman menceritakan, sebagian besar murid yang masuk adalah wajah baru dan belum pernah merasakan PTM di sekolah.

Mereka juga belum pernah bertemu dengan guru dan murid sekelasnya secara langsung.

"Tadi pagi saya kontrol ke kelas-kelas, di kelas 8, murid-murid tidak kenal saya, bapak siapa? Akhirnya dijelaskan sama guru kalau saya kepala sekolah," kata Sudirman.

Sudirman memaklumi hal tersebut. Dia mengatakan, sejak pandemi, pembelajaran dilakukan seluruhnya secara online atau daring. Mereka mengenal guru hanya melalui foto, video, atau suara saja.

Untuk lebih mengenal lingkungan sekolah, di hari pertama PTM, dilakukan pengenalan sekolah dan penjelasan mengenai protokol kesehatan yang diberlakukan di sekolah. (Penulis : Kontributor Banten, Acep Nazmudin, Kontributor Serang, Rasyid Ridho| Editor : I Kadek Wira Aditya, Aprilia Ika)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul: Kelamaan di Rumah, Seorang Pelajar SD di Cianjur Lupa Cara Membaca.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/07/062553478/cerita-para-siswa-di-hari-pertama-ptm-ada-yang-lupa-cara-membaca-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke