Salin Artikel

Setelah 8 Bulan, Kabupaten Lamongan Akhirnya Punya Sekda Definitif

Mohammad Nalikan dilantik sebagai Sekda di Pendopo Lokatantra, Jumat (27/8/2021).

Pelantikan Nalikan sebagai Sekda baru, disambut antusias oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi beserta jajaran.

Yuhronur mengatakan, Sekda merupakan seorang dirigen yang mengatur harmoni. Sehingga harus bisa mengharmonisasi seluruh instansi, baik instansi vertikal maupun horisontal.

“Karena sekretaris daerah adalah seorang dirigen yang mengatur harmoni, sehingga harus bisa mengharmonisasi seluruh instansi, menerjemahkan seluruh aturan dari pemerintah pusat dan ketentuan lain dari kementrian maupun departemen lain," ujar Yuhronur saat pelantikan Mohammad Nalikan sebagai Sekda Lamongan, Jumat.

Yuhronur juga menyampaikan, tugas pokok seorang Sekda adalah sebagai koordinator dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sekda harus memastikan semua OPD bekerja dengan baik, untuk pencapaian visi dan misi Kabupaten Lamongan yang tertuang dalam RPJMD, yakni menuju kejayaan Kabupaten Lamongan yang berkeadilan.

Sebelum resmi dilantik pada hari ini, Nalikan telah melalui serangkaian proses seleksi terbuka, yang dimulai pada Juli 2021 lalu.

Panitia seleksi dalam agenda ini berasal dari assesment centre dengan akreditasi A yang diketuai oleh Heru Tjahjono.


Menurut catatan, jabatan Sekda Lamongan sudah diemban oleh pelaksana tugas sejak Januari 2021.

Adapun Nalikan sebelumnya menjabat sebagai asisten tata praja dan kesejahteraan rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan.

Ia secara resmi menggantikan posisi Aris Mukiyono, yang sebelumnya ditugaskan oleh Pemprov Jawa Timur menjabat sebagai Pj Sekda Lamongan.

"Sesuai instruksi Pak Bupati, tugas prioritas adalah penanganan pandemi dan keamananan masyarakat," kata Nalikan kepada awak media.

Sementara terkait mutasi beberapa jabatan di OPD Lamongan, Nalikan memperkirakan baru akan dapat mulai dilaksanakan pada bulan depan.

Di mana saat ini, ada sekitar 12 kepala dinas di lingkup Pemkab Lamongan yang dijabat oleh Plt, lantaran para pejabat sebelumnya memasuki masa purna tugas.

"Kemungkinan baru bulan depan. Karena semua harus melalui proses seleksi dan uji kompetisi, sesuai arahan dari (pemerintah) pusat," tutur Nalikan.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/154500178/setelah-8-bulan-kabupaten-lamongan-akhirnya-punya-sekda-definitif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke