Salin Artikel

Pembelajaran Tatap Muka di Babel, 3 Daerah Ini Ditunda Pelaksanaannya

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Sebanyak tiga wilayah di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditunda untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel (Pemprov Kepulauan Babel).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel M Sholeh mengatakan tiga wilayah tersebut masih berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan ada ditemukan Covid-19 varian Delta di daerah itu.

"Kita menunda PTM di Kabupaten Bangka, Kecamatan Tanjung Pandan, dan Sijuk, karena potensi penularan COVID-19 yang tinggi," ungkapnya dikutip dari Antara, Jumat (27/8/2021).

Menurut Sholeh, hal itu dilakukan karena dalam keputusan bersama empat menteri terkait PTM, bahwa sekolah yang dapat menggelar PTM terbatas dengan maksimal 50 persen, hanya di daerah berstatus PPKM level 3 dan 2.

Adapun di Kabupaten Bangka diketahui berstatus PPKM level 4.

Sementara Kecamatan Tanjung Pandang di Kabupaten Belitung dan Kecamatan Sijuk di Kabupaten Belitung Timur ditemukan Covid-19 varian Delta di dua wilayah itu.

"Kita sudah melaksanakan PTM terbatas di daerah level 3 dan 2 serta wilayah yang tidak memiliki kasus Covid-19 varian Delta," ungkapnya.

Kendati demikian, ia menjelaskan tidak semua PTM dilaksanakan di sekolah secara keseluruhan.


Sekolah tetap melakukan pembelajaran secara daring, sebab sekolah tatap muka kali ini hanya diikuti 50 persen siswa dari total kapasitas ruangan, sementara kurikulum yang digunakan menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

"Sejak musibah ini terjadi, sekolah melakukan pembelajaran secara daring dan masih banyak daerah yang mengalami kendala, karena sinyal tidak terjangkau serta beberapa permasalahan lainnya," ungkapnya.

Sholeh juga menjelaskan PTM menjadi prioritas di Kepulauan Babel guna meningkatkan SDM generasi muda agar tetap berkualitas.

"Ya meski demikian, kita harus pastikan langkah yang diambil sudah cukup untuk melindungi anak-anak kita dan orangtua di rumah dari Covid-19 dengan menerapkan prokes yang ketat saat PTM," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/122220578/pembelajaran-tatap-muka-di-babel-3-daerah-ini-ditunda-pelaksanaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke