Salin Artikel

Walkot Tangerang dan Gubernur Banten Beda Pendapat soal Vaksinasi Pelajar, Ini Kata Kadinkes

“Sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan, bahwa kegiatan vaksinasi tidak mengenal azas domisili apalagi azas kewenangan sekolah Provinsi atau Kabupaten/Kota," kata Ati melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com. Selasa (24/8/2021).

Menurut Ati, vaksinasi katagori remaja dari usia 12 sampai 17 tahun termasuk pelajar SMA dan SMK menjadi prioritas dari Kabupaten dan Kota.

"Remaja tetap menjadi prioritas vaksinasi  yang vaksinnya sudah didistribusikan ke Kabupaten dan Kota,” ujar Ati.

Dijelaskan mantan Direktur RSUD Kota Tangerang itu, pelaksanaan vaksinasi Pemerintah Provinsi Banten mempunyai tugas sebagai regulator, fasilitator, dan distributor vaksin ke Kabupaten/Kota.

"Sedangkan untuk teknis pelaksanaan ada di Kabupaten dan Kota. Sehingga vaksinasi remaja pun harus dilakukan Kabupaten/Kota dari mulai tingkat SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi yang ada di wilayahnya," jelasnya.

Ati menambahkan, teknis pelaksanan tersebut sudab disampaikan dan disepakati oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota bahwa vaksinasi untuk SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi kewenangannya.


Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, vaksinasi bagi pelajar SMA di wilayahnya merupakan tanggung jawab Pemprov Banten.

Sementara Pemkot Tangerang bertanggungjawab atas vaksinasi pelajar SD dan SMP yang berusia 12 tahun ke atas.

Masalahnya, kata dia, vaksinasi Covid-19 untuk pelajar SMA tidak berjalan secepat vaksinasi pelajar SD dan SMP.

"Ini yang SMA udah kita aja deh yang nyuntik. Katanya kan SMA tanggung jawab provinsi, tapi provinsi coba deh, kok diem-diem saja?" ucap Arief melalui sambungan telepon, Senin (23/8/2021).

"Yang kaitan vaksinasi SMA gimana gitu? Mau kita kerjain apa? Kalau dia (Pemprov Banten) enggak ngerjain, kita yang ngerjain," sambung Arief.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/24/193507578/walkot-tangerang-dan-gubernur-banten-beda-pendapat-soal-vaksinasi-pelajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke