Salin Artikel

Kirim 186 Atlet ke PON Papua, Gubernur Edy Targetkan Sumut Juara Satu

Seluruh atlet yang akan dikirim ke sana diminta untuk berjuang dan memberikan kemampuan terbaik selama bertanding. Dalam gelaran PON XX Papua, Sumut mengirimkan 186 atlet terbaiknya ke ajang nasional empat tahunan itu.

"Kita menginginkan juara satu," kata Edy usai bersilaturahmi dengan atlet PON di rumah dinasnya di Medan, Selasa (24/8/2021).

Penurunan prestasi Sumut di PON

Dia berharap, kontingen asal Sumut bisa menorehkan tinta emas di tanah Papua. Masyarakat juga diminta untuk mendoakan para atlet kebanggaan Sumut itu.

Pada gelaran PON XX Papua itu diharapkan Sumut mampu mengembalikan kejayaannya seperti di tahun 1980-an.

Saat itu Sumut kerap mengisi posisi tiga besar dalam gelaran PON. Namun, saat ini Sumut mengalami penurunan prestasi ketika berpartisipasi dalam PON.

"Biasanya yang terjadi adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumut. Tapi saat ini Sumut berada di nomor sembilan. Ini kita harapkan harus kembali ke posisi yang saya sampaikan tadi," ujar Edy.

Mengembalikan kejayaan Sumut era 1980-an

Untuk mengembalikan kejayaan Sumut dalam gelaran PON, kata Edy, membutuhkan proses. Namun, proses itu membutuhkan waktu dan usaha.

"Ya harus dicari talenta, lima tahun ke belakang ini sudah harus dibina dan dikader setiap saat untuk pergantiannya. Ini yang sedang kami lakukan. Tapi saat ini belum bisa dihasilkan seperti apa yang saya sampaikan tadi," pungkasnya.

Adapun dari 186 atlet yang diutus ke Papua dari berbagai cabang olah raga, wushu, atletik dan karate diandalkan untuk mendulang emas. Cabang-cabang olah raga ini memang menjadi favorit juara bagi kontingen PON asal Sumut.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/24/140852178/kirim-186-atlet-ke-pon-papua-gubernur-edy-targetkan-sumut-juara-satu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke