Salin Artikel

Tak Ingin Bergantung ke Pemerintah Pusat, DIY Punya Generator Oksigen Sendiri

Alat tersebut diadakan untuk mengatasi kelangkaan oksigen untuk pasien Covid-19.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan, pengadaan generator itu dilakukan agar pemenuhan oksigen tidak lagi tergantung dari suplai pemerintah pusat.

"Sekarang kita harus mengusahakan sendiri oksigen tidak tergantung. Mungkin pemerintah pusat sudah mengalihkan ke luar Jawa, kita harus siapkan sendiri," kata Sultan saat ditemui di Gedung DPRD DIY, Senin (16/8/2021).

"Makanya kita coba investasi sendiri. Kalau enggak gitu, tidak cukup," imbuhnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan, saat ini oksigen generator sedang dalam proses uji coba.

Dalam proses uji coba menunjukkan kadar oksigen yang didapat dari generator oksigen sebesar 93 persen.

"Kandungan oksigennya 93 persen saya kira bisa siap," kata Aji.

Menurut Aji sekarang ini generator oksigen masih dibutuhkan beberapa kali uji coba untuk melihat kadar oksigen yang terkandung saat mesin generator oksigen bekerja.

"Sekarang uji coba dulu, kalau sudah beberapa kali uji coba sudah di atas 90 persen terus ya sudah kita operasikan," katanya.


Sebelumnya, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan tiga generator oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19 dapat digunakan mulai 16 Agustus 2021.

Wakil Sekretariat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana, mengungkapkan, satu generator oksigen telah tiba di Balai Pengembangan Teknologi Tepat Guna (BPTTG) di Jalan Kusumanegara, Kota Yogyakarta.

Sedangkan dua generator oksigen lainnya segera menyusul.

"Satu sudah datang, yang dua menyusul rencananya tanggal 16 bisa beroperasi dan akan diresmikan Gubernur DIY," kata dia, Sabtu (14/8/2021).

Biwara mengatakan kebutuhan oksigen di DIY saat ini sekitar 47 ton per hari.

Saat ini, jumlah tersebut sudah dipenuhi oleh pemerintah pusat dan perusahaan penyuplai oksigen cair maupun tabung.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/161857178/tak-ingin-bergantung-ke-pemerintah-pusat-diy-punya-generator-oksigen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke