Salin Artikel

Pontianak Masuk PPKM Level 3, Sekolah Tatap Muka Terbatas Digelar Rabu Depan

PONTIANAK, KOMPAS.com - Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) Edi Rusdi Kamtono menyatakan kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas di sekolah.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka rencananya akan dimulai pada Rabu (18/8/2021) mendatang, seiring dengan ditetapkannya Kota Pontianak dalam PPKM Level 3, sebagaimana tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 32 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1.

Dalam Inmendagri menyebutkan, untuk wilayah kriteria Level 3, pelaksanaan PTM secara terbatas dapat dilaksanakan.

"Dalam pelaksanaan nantinya dilakukan secara bertahap. Kita sudah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah secara terbatas," kata Edi dalam keterangan tertulisya, Kamis (12/8/2021).

Untuk pelaksanaannya, Edi menyebut pembelajaran tatap muka diutamakan untuk tingkat SD kelas VI dan SMP kelas IX. Peserta didik yang mengikuti pembelajaran tatap muka juga dibatasi yakni 50 persen atau setengah dari kapasitas ruang belajar.

"Nanti akan kita atur lagi bagaimana cara yang paling efektif dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka," ungkap Edi.

Edi menekankan, hal yang paling utama dan harus diperhatikan dalam pemberlakuan pembelajaran tatap muka di sekolah adalah keselamatan anak-anak didik dan guru.

Hampir sebagian besar para guru di Kota Pontianak telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Meskipun masih ada sebagian yang belum divaksin karena terkendala kesehatannya.

"Untuk cakupan vaksin bagi guru di Kota Pontianak sudah mendekati 100 persen, namun ada beberapa yang terkendala karena penyakit yang dideritanya," terang Edi.

Dia menambahkan, Pemkot Pontianak beberapa waktu lalu juga sudah pernah melakukan uji coba pembelajaran tatap muka.

Selain itu, infrastruktur, sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh dan pengaturan kursi yang berjarak di sekolah juga telah dipersiapkan.

“Jadi pada dasarnya untuk pembelajaran tatap muka kita sudah siap," imbuh Edi.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/12/162104278/pontianak-masuk-ppkm-level-3-sekolah-tatap-muka-terbatas-digelar-rabu-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke