Salin Artikel

Satgas Tuding Tim Kesehatan Maluku Asal Kerja hingga Sebabkan Capaian Vaksinasi Rendah

Sejauh ini dari target 1,4 juta warga penerima vaksin di Maluku baru 175.000 warga yang sudah menerima vaksin atau baru mencapai 14 persen.

Tim kesehatan disebut kurang bergerak

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr Doni Rerung mengatakan, salah satu penyebab rendahnya pemberian vaksin kepada masyarakat di Maluku adalah karena tim kesehatan tidak bekerja dengan maksimal.

“Soal rendahnya vaksinasi, kalau saya itu (penyebabnya) petugas kesehatan kurang bergerak di lapangan,” kata Doni kepada Kompas.com via telepon, Sabtu (7/8/2021).

Menurut Doni, di beberapa daerah di Maluku tim kesehatan tidak bekerja dengan baik sehingga masyarakat kurang begitu peduli dengan vaksinasi.

Selain tim kesehatan, lanjut Doni, ada kepala daerah yang juga kurang memberikan motivasi kepada tim kesehatan sehingga pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan tidak berjalan dengan baik.

“Petugas kesehatan bergerak kalau kepala daerahnya bergerak juga, coba lihat kota Ambon wali kota dan kepala dinasnya turun di mana saja, jadi harus ada monitor di lapangan, kalau tidak dimonitor ya jadinya begitu apalagi di kampung-kampung,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, tim kesehatan di beberapa daerah di Maluku kerap beralibi tingkat kesadaran warga untuk mengikuti vaksinasi masih rendah.

Akibatnya, saat vaksinasi massal dilakukan, banyak warga yang tidak mengikuti.

“Petugas kesehatan selalu di zona nyaman asal kerja kalau tidak dipantau, paling pembelaanya dari petugas kesehatan, masyarakat tidak mau, masyarakat belum sadar, tapi sebenarnya bukan karena kesadaran warga semata tapi tim kesehatan kurang bergerak,” katanya.

Ia menambahkan untuk menyukseskan program vaksinasi di masyarakat, harusnya kepala daerah dan pihak berwenang harus bersinergi dengan semua pihak.

“Peran kepala daerah itu penting sekali, ada kepala dinas, kepala bidang, camat kepala desa, RT RW harus dilibatkan jadi kepala daerah sangat penting untuk memotivasi rakyatnya ikut vaksinasi,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/08/080204178/satgas-tuding-tim-kesehatan-maluku-asal-kerja-hingga-sebabkan-capaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke