Salin Artikel

Kumpulkan Lurah dan Kades, Gubernur Gorontalo Minta Vaksinasi Covid-19 Dipercepat

Ia meminta mereka memeprcepat vaksinasi di setiap desa dan kelurahan.

Selain itu dalam pertemuan virtual ini Rusli Habibie meminta mereka untuk memperketat kepatuhan penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional.

“Kami menerima berita bahwa masyarakat Gorontalo tidak patuh menggunakan masker sekitar 75 persen. Saya langsung bahas dengan Forkopimda termasuk Kapolda, saya katakan setelah ini saya mau Zoom dengan lurah dan kepala desa. Karena percuma kita tegas di hilir tapi di hulu dibiarkan. Sementara semua harus diawali dari hulu ke hilir,” kata Rusli Habibie.

Rusli Habibie menegaskan yang harus diselesaikan secara tuntas hari ini adalah penerapan protokol kesehatan di pasar  harian dan mingguan.

Pasalnya, potensi penularan tertinggi di pasar.

Rusli Habibie pun memberikan solusi seperti yang dilakukan di Pasar Selasa Pilolodaa Kota Barat, jalan menuju pasar diblokir dan dijaga ketat oleh petugas TNI/Polri, Satpol PP.

Ketika ditemukan tidak pakai masker baik penjual maupun pembeli langsung disuruh balik.

“Itu saya lakukan di Kota bersama Wali Kota, kita tidak lagi bagi-bagi masker,karena mereka pasti sudah punya masker. Alasannya lupa, ketinggalan di mobil, jadi kita suruh pulang saja. Jalan menuju ke pasar kita sekat, maksimal jam 6 pagi petugas sudah ada di situ. Ya bisa ya? Kita harus action jangan hanya habis di rapat-rapat,” tegasnya.

Menurut Rusli sejauh ini langkah yang diambil oleh gubernur, bupati/walikota, Kapolda, Danrem dan seluruh unsur Forkopimda sudah sangat maksimal.


Untuk selanjutnya harus diselesaikan oleh kepala desa dan lurah.

“Seperti tadi kata pak Wagub, kalau kita terus yang pantau di pasar nanti rakyat kiranya saya, Pak Wagub, Pak Kapolda, Pak Wali Kota, Pak Bupati, sudah tidak ada kerja lagi. Jadi peran kalian para kepala desa atau lurah akan dilihat di sini,” tegasnya.

Terkait vaksinasi, Rusli mengimbau untuk tiap-tiap kantor kecamatan dan desa melaksanakan vaksinasi setiap hari.

Jika vaksin habis, silakan melapor ke Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/07/082718578/kumpulkan-lurah-dan-kades-gubernur-gorontalo-minta-vaksinasi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke