Salin Artikel

Jadi Wasit Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020, Wahyana Tak Lupakan Kewajibannya Mengajar

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wahyana (54), guru olahraga di SMPN 4 Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah malang melintang menjadi wasit pertandingan bulu tangkis di berbagai negara.

Namun, dalam menjalani profesinya sebagai guru, ia tetap profesional.

Setiap hari Wahyana menyusuri jalan Yogyakarta-Wonosari yang ditempuh selama lebih dari satu jam perjalanan.

"Ya beliau menglaju, tapi kalau berangkat pagi termasuk datang awal ke sekolah walaupun jauh. Kalau disiplin kerja memang bagus beliau," kata Kepala Sekolah SMPN 4 Patuk Fatkhu Rokhman saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Rabu (4/8/2021).

Dia mengatakan, sebagai rekan kerja, dia bersama teman-teman guru dan karyawan SMPN 4 Patuk merasa bangga dengan prestasi pria asal Kapanewon Godean, Sleman, itu.

Pertama kali jadi PNS tahun 1995, Wahyana sudah bertugas di SMPN 4 Patuk, dan selama itu pula bersikap profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai guru mata pelajaran olahraga atau PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan).

Bahkan, untuk mencapai posisi sekarang ini, Wahyana meniti satu per satu jenjang lisensi. Saat menjadi wasit tingkat internasional pun dia jalani bersamaan sambil mengajar.

Bahkan, ketika harus meninggalkan muridnya, ia menyiapkan guru pengganti sehingga murid tetap mendapatkan pelajaran.

"Berangkat dengan surat tugas resmi, luar negeri juga harus bupati. Kalau Indonesia, cukup kepala dinas," ucap Fatkhu.

Selama pandemi seperti saat ini, Wahyana lebih mudah menjalani profesinya. Sebab, pembelajaran menggunakan sistem daring. Wahyana tetap bisa mengajar meski sedang di luar negeri. Dia pun masih mengajar saat pergelaran Olimpiade Tokyo 2020.

Bahkan, tugas sebagai wakil kepala sekolah masih dijalani sebagaimana mestinya.

"Selama di Tokyo saya belum pernah perlu ngaruhke (menyapa), tapi sudah terlaksana (tugas sebagai guru dan wakil kepala sekolah)," kata Fatkhu.

Wahyana dikenal sebagai sosok yang dekat dengan para pelajar dan rekan guru. Menurut Fatkhu, Wahyana sampai sekarang masih aktif saling berkomunikasi dengan dirinya, para guru, dan pelajar.

"Anak-anak juga senang kalau diajar oleh beliau," kata dia.

Menurut dia, rekan sesama guru mengaku senang bahwa Wahyana bisa menggapai salah satu cita-citanya menjadi wasit partai final Olimpiade.

Wahyana juga sempat memberitahukan kepada Fatkhu Rokhman bahwa memimpin partai final Olimpiade adalah tugas bergengsi.

"Menyampaikannya jelang final bahwa intinya tugas memimpin final tugas bergengsi yang hanya diberikan kepada beberapa wasit dengan kategori tertentu dan beliau salah satu yang masuk kriteria," kata Fatkhu.

"Kami sebagai bagian dari keluarga SMPN 4 Patuk ya ikut bangga, ikut senang, atas kesuksesan beliau, karena bisa membawa nama baik sekolah maupun bagi keluarga dan kedinasan secara umum," kata Fatkhu.

Harapannya, para siswa anak didik di SMPN 4 Patuk bisa memiliki motivasi untuk menggapai mimpi.

"Beliau jadi bukti bahwa dengan semangat dan kerja keras, bisa mencapai posisinya saat ini," ucap dia.

Pria yang menjadi Wakil Kepala Sekolah SMPN 4 Patuk ini menceritakan pengalamannya kepada Kompas.com melalui sambungan telepon dari Jepang. Wahyana memimpin jalannya pertandingan final tunggal putri antara Chen Yu Fei dari China dan Tai Tzu Ting dari Taiwan.

"Kalau yang Olimpiade boleh dikatakan ya top karier saya," kata Wahyana saat dihubungi Kompas.com, Selasa (3/8/2021).

"Dari 36 wasit yang ada, ada 11 orang dari Asia dan saya merupakan satu-satunya dari Indonesia yang dipercaya untuk memimpin jalannya pertandingan tim tunggal putri dalam memperebutkan medali emas. Tentu ada sebuah kebanggaan tersendiri, sebab dalam final itu hanya dicari wasit terbaik dari seluruh yang ada, alhamdulillah," ucap dia. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/05/063500978/jadi-wasit-bulu-tangkis-olimpiade-tokyo-2020-wahyana-tak-lupakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke