Salin Artikel

Capaian Vaksinasi Rendah, Bupati Sumedang: Pemerintah Pusat Prioritaskan Vaksin ke Daerah Zona Merah

SUMEDANG, KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat belum mencapai 17 persen.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengakui jika vaksinasi di Sumedang masih rendah. Saat ini, vaksinasi di Sumedang baru mencapai 15 persen.

"Kenapa vaksinasi di Sumedang rendah, karena Sumedang ini masuk ke dalam daerah landai, seringnya kita ada di zona kuning dan oranye. Sedangkan pemerintah pusat prioritas vaksinnya itu ke daerah zona merah," ujar Dony, usai mendampingi Laksamana TNI Yudo Margono.

Dony menuturkan, Pemkab Sumedang sudah meminta pasokan vaksin kepada pemerintah provinsi dan pusat agar ditambah. Sehingga, dapat menggenjot proses vaksinasi di Sumedang.

"Untuk meningkatkan persentase vaksinasi di Sumedang, selain minta pasokan ke pusat ditambah, kami juga menggandeng pihak lain. Seperti TNI, Polri, dan perguruan tinggi yang ada di Sumedang. Kemarin, ITB, Unpad, IPDN siap membantu pemerintah daerah dalam mempercepat vaksinasi," tutur Dony.

Dony berharap, pasokan vaksin dari pemerintah pusat segera tiba di Kabupaten Sumedang. Menurutnya, stok vaksin di Sumedang sendiri sudah sangat menipis.

"Secara kesiapan, tenaga medis kita siap mempercepat vaksinasi. Kita punya 35 Puskesmas, TNI dan Polri yang siap membantu. Untuk itu kami juga berharap agar vaksin dari pusat bisa segera tiba di Sumedang," kata Dony.

Karena alasan ini pula, TNI AL, AU, dan Darat melaksanakan serbuan vaksin Covid-19 di Kabupaten Sumedang.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, serbuan vaksin di Kabupaten Sumedang menyasar 2.500 warga Sumedang.

"Dari informasi, vaksinasi di Kabupaten Sumedang ini belum mencapai 17 persen. Sehingga kita harapkan dengan serbuan vaksin ini terjadi pemerataan," ujar Yudo kepada wartawan, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gor Tadjimalela, Kabupaten Sumedang, Senin (2/8/2021).

Yudo menuturkan, vaksinasi ini penting dilaksanakan agar Indonesia dapat segera mencapai herd immunity.

"TNI AL sendiri fokus membantu vaksinasi di daerah terpencil, daerah pelabuhan dengan menyasar masyarakat perikanan. Dan sejauh ini sudah kita jangkau hampir semua. Ke depan, bersama TNI AU, AD, Polri dan unsur lainnya, kita fokus melakukan serbuan vaksin ke daerah yang tingkat vaksinasinya masih rendah. Seperti di Sumedang ini," tutur Yudo.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/02/130708178/capaian-vaksinasi-rendah-bupati-sumedang-pemerintah-pusat-prioritaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke