Salin Artikel

Wali Kota Blitar: Saat Pandemi, Mana Kepedulian Perusahaan yang Cari Untung di Sini?

Santoso meminta perusahaan-perusahaan dimaksud memberikan sumbangsihnya saat pandemi Covid-19.

Apalagi Pemerintah Kota Blitar sudah banyak menyerap anggaran Covid-19 dari APBD.

"Mereka mencari untung, mencari penghasilan di sini, di saat Kota Blitar ini dihadapkan pada pandemi Covid-19 ini apa sih sumbangsih yang bisa mereka berikan?" ujar Santoso kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Kumpulkan pimpinan perusahaan

Santoso berjanji akan segera mengumpulkan pimpinan perusahaan-perusahaan tersebut, baik perusahaan swasta maupun BUMN dan BUMD.

Mereka didorong berpartisipasi pada penanganan Covid-19 di Kota Blitar yang saat ini juga sedang memberlakukan PPKM Level 4.

Dia mengaku, sudah memerintahkan Sekretaris Daerah untuk mendata perusahaan-perusahaan yang akan dia kumpulkan untuk diminta berpartisipasi pada penanganan pandemi.

Secara khusus, Santoso menyebutkan banyak bank-bank yang berkantor dan beroperasi di wilayah Kota Blitar.

"Bank-bank itu, mereka kan dapat keuntungan tiap tahunnya. Padahal ini kondisi yang sangat membutuhkan uluran tangan," ujarnya.

"Terserah apapun yang bisa disumbangkan akan sangat berarti bagi Kota Blitar," ujarnya.

Menurut Santoso, masyarakat Kota Blitar sangat membutuhkan bantuan baik bagi mereka yang dirawat di rumah sakit, yang menjalani isolasi, atau mereka yang menghadapi kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Pemerintah Kota Blitar, ujarnya, melalui APBD sudah banyak menggelontorkan dana untuk penanganan pandemi.

Selain itu, tambahnya, pemerintah pusat pun sudah banyak memberikan bantuan dalam berbagai bentuk melalui berbagai instansi termasuk melalui Kementerian Sosial.

Santoso menggarisbawahi bahwa Pemerintah Kota Blitar sejauh ini telah menyerap sangat besar dana alokasi untuk penanganan pandemi dari APBD.

"APBD sudah kita siapkan. Untuk bansos maupun kesehatan untuk penanganan Covid-19 kita sudah mampu menyerap tertinggi di Jawa Timur, hampir 20 persen serapan kita," ujarnya.

Bagi Santoso, tingginya serapan anggaran penanganan Covid-19 menjadi indikator kepedulian pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19. 

https://regional.kompas.com/read/2021/07/29/132325978/wali-kota-blitar-saat-pandemi-mana-kepedulian-perusahaan-yang-cari-untung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke