Salin Artikel

Uang Insentif Total Rp 5 Miliar untuk Nakes di Kota Madiun Mulai Cair Hari Ini

“Hari ini sudah dibayarkan (insentifnya). Ada sekitar lima miliar rupiah,” kata Maidi kepada Kompas.com, Rabu (28/7/2021).

Menurut Maidi, pencairan insentif nakes perawat pasien Covid-19 diprioritaskan lantaran mereka adalah garda terdepan yang menangani kasus corona selama pandemi.

Maidi menyebutkan, total nakes keseluruhan di Kota Madiun sebanyak 4.000-an orang. Jumlah itu sudah termasuk tenaga kesehatan yang menjadi vaksinator Covid-19.

Hanya saja untuk insentif nakes yang pembayarannya melalui APBD Kota Madiun yakni nakes di RSUD Sogaten dan puskesmas yang ada di kota pecel.

Sementara nakes yang bekerja di rumah sakit lain pembayaran insentifnya ditanggung pemerintah pusat.

Sempat ada masalah teknis

Maidi mengatakan pembayaran insentif nakes covid-19 sempat terhambat karena persoalan teknis.

Ia menyebut terkait input data yang harus menggunakan aplikasi. Padahal untuk memasukkan data ke aplikasi harus menunggu satu hingga dua hari.


“Pembayaran insentif nakes sempat terhambat lantaran harus menggunakan aplikasi. Kalau anggarannya sudah kami siapkan,” kata Maidi.

Mantan Sekda Kota Madiun menduga bila insentif nakes Covid-19 di daerah lain sudah cair karena mengunakan penginput data secara manual.

Sementara Pemkot Madiun harus menggunakan aplikasi untuk menginput data agar tidak bermasalah dikemudian hari.

“Kalau manual saja boleh tidak apa-apa. Tetapi kalau dengan manual kemudian ada masalah maka akan merepotkan. Seperti kelebihan atau lainnya,” jelas Maidi.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/28/204036778/uang-insentif-total-rp-5-miliar-untuk-nakes-di-kota-madiun-mulai-cair-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke