Salin Artikel

Dalam Sehari Bertambah 367 Kasus Covid-19 di Sulut, Terbanyak Selama Pandemi

Angka tersebut merupakan penambahan kasus harian tertinggi selama pandemi berlangsung.

"Untuk hari ini Kamis, 15 Juli 2021, kami update pertambahan kasus terkonfirmasi positif sejumlah 367 kasus. Penambahan kasus harian hari ini merupakan rekor tertinggi selama pandemi berlangsung di Sulawesi Utara," kata Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sulut, Steaven Dandel, lewat keterangan tertulis, Kamis.

Dengan demikian, jumlah akumulasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut sebanyak 18.731 kasus.

Rinciannya, 15.781 orang sudah sembuh, 583 orang meninggapl dunia, dan 2.367 masih dirawat.

Dia menjelaskan, sebenarnya selama sepekan terakhir ini telah tiga kali pertambahan kasus harian melampui puncak pandemi pertama di bulan Januari yang paling tinggi adalah 242 kasus.

"Tentunya hal ini menjadi kekhawatiran kita bersama. Tetapi hal yang paling utama yang harus kita lakukan adalah kerja sama antar pemerintah dan masyarakat untuk bahu membahu menyelesaikan permasalahan ini," ujar dia.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut berdasarkan instruksi dari gubernur telah mengupayakan kesiapsiagaan menghadapi melonjaknya kasus ini.

Adapun tindakan konkrit yang telah dilaksanakan adalah membuka rumah isolasi yang sebelumnya dalam kondisi standby, yakni Balai Diklat Maumbi dengan kapasitas 250 bed, Pusat Krisis Kesehatan yang berkapasitas 30 bed dan segera di tambah dengan asrama haji sebesar 150 bed.

"Gubernur Sulawesi Utara juga telah menginstruksikan kepada bupati dan wali kota se-Provinsi Sulawesi Utara untuk membuka tempat isolasi di kabupaten dan kota masing-masing dengan kapasitas 200 bed per kabupaten dan kota," sebutnya.


Kemudian, rumah sakit se-Sulut telah diperintahkan untuk mengkonversi sebagian tempat tidur rawat inap biasa (30 persen) menjadi tempat perawatan kasus Covid-19.

"Para penyuplai oksigen medis maupun industri yang ada di Provinsi Sulawesi Utara telah diperintahkan untuk menyiagakan dan memprioritaskan peruntukkan oksigennya bagi perawatan pasien Covid-19" ungkap Steaven.

Akan tetapi, lanjut dia, pemerintah juga menyadari bahwa dengan kecepatan transmisi dari variant of concern yang begitu cepat, maka upaya yang dilakukan di atas akan sia-sia bila tidak diikuti dengan kedisplinan masyarakat dalam mengikuti panduan pelaksanaan PPKM Mikro yang telah diterbitkan.

Satgas Covid-19 Pemprov Sulut juga mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk berkontribusi secara aktif dalam menekan transimisi penyakit ini, dengan langkah-langkah konkrit yang bisa dilakukan secara individu.

Disiplin memakai masker, menghindari kerumunan, menghindari lokasi atau ruangan dengan sirkulasi udara yang tidak baik.

Lalu, mematuhi perintah dan jadwal kerja dari rumah, mengurangi pertemuan-pertemuan sosial yang tidak urgen, sedapat mungkin untuk bisa diam di rumah bila tidak ada aktivitas atau pekerjaan yang harus dilakukan, mencuci tangan dan membersihkan diri setiba di rumah.

"Segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan bila mengalami gejala dan atau pernah kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif. Bagi mereka yang telah terkonfirmasi positif, disarankan untuk tidak menjalani isolasi mandiri di rumah, bila terdapat orang lanjut usia atau balita. Istirahat cukup dan makan makanan bergizi untuk menjaga imunitas tubuh," imbaunya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/16/072426278/dalam-sehari-bertambah-367-kasus-covid-19-di-sulut-terbanyak-selama-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke