KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang
Salin Artikel

Pemkot Semarang Dapat Alokasi 2.000 Dosis Vaksin Per Hari dari TNI

KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mendapatkan alokasi vaksin dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka percepatan vaksinasi di Tanah Air.

Alokasi vaksin sekitar 2.000 dosis per hari ini diberikan oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV Diponegoro Mayor Jenderal (Mayjen) Rudianto.

Walkot Hendi mengatakan, alokasi vaksin tersebut akan digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi di dua titik sentra vaksin, yakni di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas).

“Insya Allah kita bisa mulai vaksinasi di Unnes dan Unwahas mulai Jumat, kemarin kami dari Pemerintah Kota Semarang juga sudah menghadap Panglima di Kodam untuk mendapatkan arahan dari beliau,” kata Walkot Hendi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Kamis (15/7/2021).

Adapun masing-masing titik sentra vaksin ditargetkan mendapat alokasi sebanyak 1.000 dosis per hari.

Walkot Hendi optimis, adanya alokasi vaksin dari TNI dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dapat meninkatkan progres vaksinasi di Kota Semarang.

Ia yakin, Kota Semarang akan cepat mengejar kondisi kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Arahan Panglima, nanti kita kolaborasi. Universitas, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng), dan Komando Daerah Militer (Kodam) IV/ Diponeogoro akan bergerak bersama untuk mempercepat progres vaksinasi per hari di Kota Semarang,” paparnya.

Walkot Semarang berharap, proses vaksinasi di Unnes dan Unwahas dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan akan berkunjung ke Kota Semarang untuk meninjau jalannya vaksinasi pada Jumat (16/7/2021).

Untuk diketahui, turunnya alokasi vaksin dari TNI tersebut berawal dari kunjungan Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Rudianto dan Kapolda Jateng Inspektur Jenderal (Irjen) Ahmad Lutfi ke Balai Kota Semarang untuk bertemu Walkot Hendi.

Dalam pertemuan tersebut, Mayjen Rudianto dan Irjen Ahmad Lutfi menyatakan komitmen TNI dan Polri untuk membantu penanganan Covid-19 di Kota Semarang. Salah satunya dengan memberikan supai vaksin.

Hendi pun menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan menghadap Mayjen Rudianto untuk membicarakan teknis penggunaan vaksin dari TNI bagi masyarakat Kota Semarang.

Dari pembicaraan itu, Walkot Hendi dan Mayjen Rudianto pun bersepakat mendirikan dua sentra vaksinasi baru di Kota Semarang, yaitu di Unnes dan Unwahas.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/15/20403981/pemkot-semarang-dapat-alokasi-2000-dosis-vaksin-per-hari-dari-tni

Bagikan artikel ini melalui
Oke