Salin Artikel

105 Pekerja yang Terjebak di Dermaga Tengah Laut Pelabuhan Kijing Berhasil Dievakuasi

MEMPAWAH, KOMPAS.com – Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Mempawah AKP Muhamad Resky Rizal mengatakan, saat ini, sebanyak 105 pekerja yang terjebak di dermaga tengah laut Pelabuhan Internasional Kijing sudah berhasil dievakuasi.

Rizal memastikan, jumlah pekerja yang terjebak sebanyak 105 orang bukan 90 orang seperti yang ditulis sebelumnya.

“Totalnya 105 orang pekerja sudah dievakuasi. Aman dan selamat semuanya,” kata Rizal saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/7/2021) malam.

Namun demikian, lanjut Rizal, belum semua pekerja tersebut berlabuh di daratan. Sebagian masih di kapal-kapal yang mengevakuasi.

“Sebagian besar sudah di daratan. Sisanya masih di kapal. Karena cuaca masih ekstrim jadi masih kesulitan merapat,” terang Rizal.

Diberitakan, dua titik jembatan (trestel) menuju dermaga Pelabuhan Internasional Kijing, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), ambruk. Ambruknya jembatan tersebut ditengarai hujan deras disertai angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah Kalbar, Selasa (13/7/2021) malam.

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah mengatakan, tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Fauzan menjelaskan, terdapat 2 titik jembatan ambruk atau putus. Satu titik sepanjang 50 meter dan satu titik lain sepanjang 100 meter.

Berdasarkan analisis sementara, jelas Fauzan, ambruknya jembatan Pelabuhan Terminal Kijing tersebut diakibatkan kerasnya hantaman ombak sehingga tiang pancang menjadi goyang dan retak.

“Untuk sementara situasi di Dermaga Terminal Kijing dalam keadaan kondusif,” ucap Fauzan.

Jika kondisi cuaca tidak ada perubahan, lanjut Fauzan, tidak tertutup kemungkinan terjadinya keretakan lanjutan pada jembatan yang masih utuh akibat hantaman ombak pada tiang pancang.

“Kami imbau kepada seluruh pekerja untuk meninggalkan lokasi Pelabuhan Kijing demi keamanan, mengingat situasi cuaca yang masih buruk,” tutup Fauzan.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/14/221042778/105-pekerja-yang-terjebak-di-dermaga-tengah-laut-pelabuhan-kijing-berhasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke