Salin Artikel

Berkat Bantuan dan Dukungan Tetangga, Puluhan Warga Positif Covid-19 di Sumedang Sembuh

Kekompakan warga Desa Cisarua ini ditunjukkan dengan saling membantu memasok logistik dan kebutuhan lainnya bagi warga yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Kepala Desa Cisarua Dede Mahfudin mengatakan, mayoritas warganya merupakan pedagang atau pemilik warung mie rebus, yang mengais rezeki di wilayah Jabodetabek.

Di mana dalam tiga bulan terakhir ini, tercatat ada 40 warga Desa Cisarua yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Alhamdulillah, warga kami tidak merasa takut dengan mereka yang dinyatakan positif Covid-19. Malah, bila ada yang positif itu warga lainnya saling bahu membahu membantu. Tidak hanya logistik untuk kebutuhan makan, vitamin, tapi juga dukungan secara moril," ujar Dede kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (12/7/2021).

Dede menuturkan, dengan kekompakan warga ini, dari 40 pasien positif Covid-19, 34 orang sudah dinyatakan negatif Covid-19. Dan sisanya enam orang masih menjalani isolasi mandiri.

"Melalui dukungan warga lainnya, warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini bisa tenang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Jadi, tingkat kesembuhannya juga tergolong tinggi. Dengan dukungan ini, mereka bersemangat untuk cepat sembuh, dan dalam tiga bulan terakhir ini tidak ada pasien positif Covid-19 yang meninggal di desa kami," tutur Dede.


Dede menyebutkan, dukungan dari warga sekitar sangat membantu meringankan tugas dari Satgas Covid-19 di tingkat desa.

Karena pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri tidak bertingkah dengan berkeluyuran hingga mereka dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Dalam pantauan Satgas Covid-19 desa kami, mereka yang terkonfirmasi ini disiplin menjalankan isolasi mandiri. Tidak ada yang keluyuran karena kebutuhan sehari-hari mereka juga benar-benar diperhatikan warga di sekitarnya," ucap Dede.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Kabupaten Sumedang Iwa Kuswaeri turut mengapresiasi sikap warga Desa Cisarua dan pihak pemerintah desa yang proaktif memantau perkembangan warganya yang terkonfirmasi terjankit corona.

"Tentunya, apa yang dilakukan warga di Desa Cisarua ini bisa menjadi contoh bagi warga di desa lainnya. Mereka yang positif Covid-19 memang memerlukan dukungan dari warga di sekitarnya. Bukannya dijauhi, tapi pasien Covid-19 memang membutuhkan support dari warga lainnya, agar mereka juga disiplin selama menjalani isolasi," ujar Iwa.

Iwa menyebutkan, peran desa dalam menutus rantai penyebaran Covid-19 selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat juga harus terus ditingkatkan.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/13/075002178/berkat-bantuan-dan-dukungan-tetangga-puluhan-warga-positif-covid-19-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke