Salin Artikel

Update Covid-19 di Jatim: Bangkalan, Ponorogo, dan Ngawi Masuk Zona Merah

Setelah Kabupaten Bangkalan masuk zona merah sejak dua pekan terakhir, kini menyusul Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Ngawi.

Dilansir dari website Bersatu Lawan Covid-19, Ponorogo dan Ngawi ditetapkan sebagai zona merah sejak Rabu (23/6/2021).

Saat dikonfirmasi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membenarkan ada tiga Kabupaten di Jatim yang berstatus zona merah atau berisiko tinggi penularan Covid-19.

“Update situasi Covid-19 di Jawa Timur hari ini, ada tiga kabupaten berstatus zona merah yakni Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Ngawi."

"Saya memohon dengan sangat kepada seluruh masyarakat Jatim agar tetap disiplin protokol kesehatan. Bukan demi orang lain, tapi demi kebaikan diri sendiri dan keluarga tercinta. Semoga kita semua ada dalam lindungan Allah SWT,” kata Khofifah dilansir dari Tribun Jatim.

Sedangkan yang masuk zona kuning hanya satu yakni Kabupaten Sumenep. Selain itu, tidak ada zona hijau di wilayah Jawa Timur.

Untuk itu Khofifah mengimbau masyarakat untuk terus menegakkan protokol kesehatan.

Selain itu Pemprov Jatim juga telah melakukan beberapa langkah untuk mencegah penyebaran virus salah satunya dengan pengetatan PPKM Mikro.

Misalnya di Kabupaten Bangkalan. Ada lima kecamatan yang dilakukan pengetatan PPKM Mikro.

Langkah itu masih dipilih untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19 di Jatim.

Khususnya di titik-titik desa dan kecamatan yang statusnya masuk zona oranye hingga merah.

“Nah ini PPKM pengetatan itu berarti di titik titik yang terkonfirmasi orange dan merah. Hari ini sebetulnya sudah dilakukan di Pasuruan kota, Malang ada, lalu Mojokerto kota, Ngawi, Madiun kota, Ngawi ada, Madiun Kabupaten ada."

Begitu ada Instruksi Mendagri sehingga Gubernur membuat surat perpanjangan ke kabupaten kota.

Tidak hanya itu, ia menegaskan bahwa PPKM Mikro kembali terus diterapkan di Jatim sesuai dengan inmendagri hingga 28 Juni 2021.

Bahkan ini sudah memasuki perpanjangan PPKM Mikro ke sembilan di Jatim.

“Nggak, tidak ada lockdown. Katakan itu kalau sekarang micro lockdown di Pasuruan, micro lockdown di Malang, ada itu jadi satu gang micro lockdown, gitu,” kata Khofifah.

Ia menyebut Micro lockdown sudah sama dengan apa yang dimaksud dengan PPKM skala yang lebih kecil.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Zona Merah di Jawa Timur Bertambah: Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Ngawi

https://regional.kompas.com/read/2021/06/24/082800778/update-covid-19-di-jatim--bangkalan-ponorogo-dan-ngawi-masuk-zona-merah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke