Salin Artikel

Kepri Masuk Delapan Provinsi Kasus Covid-19 Tertinggi Se-Indonesia

BATAM, KOMPAS.com - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masuk kedalam delapan Provinsi dengan kasus Covid-19 tertinggi se-Indonesia.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri, TS Arif Fadillah melalui keterangan tertulis mengatakan hal ini diketahui dirinya saat melakukan video conference bersama Menteri Koordinator Bidang Ekonomi dan Investasi, Airlangga Hartanto saat melaksanakan rakor evaluasi penanganan Covid-19 bersama Kementrian dan Gubernur se-Indonesia kemarin.

Dan dari perbincangan itu, diketahui Kepri masuk delapan besar provinsi dengan kasus Covid-19 tertinggi se-Indonesia setelah Kalimantan Barat (Kalbar).

"Kepri salah satu provinsi yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang sangat signifikan setelah Kalbar," kata Arif, Rabu (23/6/2021).

Berdasarkan laporan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad untuk lonjakan tertinggi berada di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa tengah, D.I.Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan terakhir baru Provinsi Kepri.

"Kami berharap masyarakat Kepri dapat memahami hal ini, selalu terapkan protokol kesehatan dengan selalu mengedepankan 5M jika hendak beraktivitas diluar rumah," papar Arif.

"Tapi jika tidak ada yang urgent, disarankan untuk tetap dirumah saja," kata Arif menambahkan.

Arif juga mengatakan ke depan Pemerintah Provinsi Kepri akan terus melakukan upaya tindak lanjut guna menekan angka penyebaran Covid-19 tersebut.

Mulai dari vaksinasi dan akan menerapkan PPKM Mikro seperti apa yang dianjurkan pemerintah pusat.


"Saat ini vaksinasi terus dilakukan, kami juga telah meningkatkan kebijakan di hulu seperti peningkatan tracing dan testing dan meningkatkan kebijakan di hilir seperti meningkatkan kapasitas Tempat Tidur (TT)," jelas Arif.

Lebih jauh dirinya mengatakan, untuk per tanggal 22 Juni 2021, kasus aktif di Kepri berjumlah 2.784 orang setelah terjadi penambahan 153 orang, yang terdapat di Batam 80 orang, 32 orang di Tanjungpinang, 23 orang di Kabupaten Bintan, 15 orang di Kabupaten Karimun, dua orang di Kabupaten Lingga dan satu orang di Kabupaten Natuna.

"Untuk pasien sembuh per tanggal 22 Juni 2021 menjadi 19.410 orang dan meninggal dunia menjadi 485 orang," pungkas Arif.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/23/140506178/kepri-masuk-delapan-provinsi-kasus-covid-19-tertinggi-se-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke