Salin Artikel

900 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan oleh Pemprov Jatim, Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Termasuk, antisipasi lonjakan pasien yang mungkin terjadi dari Madura dan Surabaya.

Sebanyak 500 tempat tidur tambahan ditempatkan di Rumah Sakit Lapangan di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS).

Sedangkan, 400 tempat tidur lainnya ditempatkan di ruko-ruko di Bangkalan, yang akan disewa sebagai tempat perawatan dan isolasi bagi pasien Covid-19.

"Kita akan lihat penambahan kasus. Kalau BOR (Bed Occupancy Ratio) sudah 60, maka kita harus menambah 30 persen tempat tidur. Kalau BOR sudah di atas 80, kita harus menambah 40 persen, dan menambah rumah sakit-rumah sakit lapangan," ujar kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Herlin Ferliana kepada awak media selepas agenda imunisasi PCV di pendopo Bupati Gresik, Selasa (22/6/2021).

Herlin menambahkan, kendati sudah menyiapkan sebanyak 900 tempat tidur tambahan, termasuk Rumah Sakit Lapangan di BPWS, Dinkes Jawa Timur berharap lonjakan kasus baru tidak lagi terjadi dan berharap kasus dapat segera melandai.

"Kalau memang terpakai, maka kita akan menambah lagi," ucap Herlin.

Sementara untuk menangani lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Madura, Herlin menyarankan supaya PPKM Mikro hingga tingkat desa dapat lebih diperkuat kembali.

Sebab, penguatan ini dinilai cukup efektif dalam meminimalisir penyebaran Covid-19, termasuk varian Delta atau India.


"Kita kuatkan PPKM Mikro sehingga memutus rantai penularan, itu yang paling penting. Tapi tetap kami juga menyiapkan orang-orang yang sudah kena (terpapar Covid-19), dengan penguatan faskes-faskes yang ada. Tapi kuncinya itu memang ada di hulunya (PPKM Mikro)," kata Herlin.

Herlin juga menyebut, saat ini sudah terjadi transmisi lokal varian Delta Covid-19 di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Dengan jumlah terbanyak ada di Kabupaten Bangkalan, Madura. Kemudian ditemukan pula kasus serupa di Kabupaten Sampang, dan juga Bojonegoro.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/23/054210978/900-tempat-tidur-tambahan-disiapkan-oleh-pemprov-jatim-antisipasi-lonjakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke