Salin Artikel

Dinkes Jatim Sebut Transmisi Lokal Covid-19 Varian India Telah Terjadi di 3 Kabupaten

Hal itu diketahui setelah Dinas Kesehatan Jatim melakukan rangkaian pemeriksaan dan tes terhadap pasien positif Covid-19.

Herlin menjelaskan, sampai saat ini transmisi lokal tersebut baru diketahui di tiga kabupaten di Jatim.

"Bukan seluruh Jawa Timur. Sementara ini terbanyak adalah Bangkalan, Bojonegoro ada, Sampang. Surabaya belum, Gresik juga belum," ujar Herlin di Pendopo Bupati Gresik, Selasa (22/6/2021).

Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 varian delta, Herlin berharap PPKM mikro diperketat. Satgas Covid-19 dari kabupaten atau kota hingga desa diminta turun tangan.

Sehingga, penyebaran Covid-19 varian asal India itu bisa ditekan.

"Upayanya adalah maksimalkan di level hulunya. Di level hulu itu, PPKM Mikro kita kuatkan. Kalau ini dikuatkan, kami berharap hilirnya tidak terlalu berdampak," ucap Herlin.

Herlin juga berharap pencegahan Covid-19 varian delta dapat dilakukan dengan cepat. Mengingat, tingkat hunian pasien di rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Timur sudah tinggi.

"Ini harus cepat kita putus, sehingga rumah sakit tidak seperti sekarang. Sekarang semua rumah sakit BOR (bed occupancy rate) sangat tinggi," kata Herlin.

Untuk saat ini, BOR di Jawa Timur rata-rata sudah berada pada kisaran 73 persen.

"Sekarang BOR di Jawa Timur, rata-rata untuk ICU-nya sudah di atas 70 persen, sekitar 73 persen," tutur Herlin.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/22/162113878/dinkes-jatim-sebut-transmisi-lokal-covid-19-varian-india-telah-terjadi-di-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke