Salin Artikel

Ridwan Kamil Sebut 3 Sektor Ekonomi ini Tak Terpengaruh Pandemi Covid-19

SUMEDANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan tiga sektor ekonomi ini tidak terpengaruh Pandemi Covid-19, bahkan mengalami peningkatan signifikan.

Pria yang akrab disapa Ridwan Kamil ini mengatakan, tiga sektor ekonomi yang justru mengalami peningkatan di era pandemi ini yaitu sektor pangan, kesehatan, dan digital.

"Pangan naik di saat yang lain turun. Kesehatan naik karena belanja kedaruratan juga naik. Dan sektor digital naik signifikan, 40 persen, karena pada masa pandemi ini semua dipaksa bertransformasi ke digital," ujar Emil saat kunjungan kerja di Kabupaten Sumedang, Jumat (11/6/2021).

Emil menuturkan, transformasi digital yang terjadi di Jawa Barat meliputi pendidikan, perdagangan, akses informasi, hingga rapat kerja yang dilaksanakan secara virtual.

"Dengan adaptasi baru ini, hidup kita tidak boleh melemah, tidak boleh patah oleh Covid-19. Karena Covid-19 ini nanti seperti flu, itu akan hadir, dan manusianya lah yang akan menyesuaikan," tutur Emil.

Emil menyebutkan, dalam hal pemulihan ekonomi di Jawa Barat, sektor pangan akan diutamakan sebagai salah satu implementasi dari strategi pemulihan ekonomi Jawa Barat di mana pasca Covid-19 ini.


"Ketahanan kedaulatan pangan ini harus diutamakan. Agar Jawa Barat juga bisa mandiri, swasembada, juga negara kita nanti tidak banyak impor, tapi meninggikan kerjasama antardaerah," sebut Emil.

Caranya, kata Emil, daerah-daerah di Jawa Barat tidak boleh lagi menganut sistem jaga warung, tapi dengan pola ketuk pintu.

"Ekonomi hari ini jangan ekonomi jaga warung. Jangan menunggu dari Jakarta datang untuk beli. Sekarang ini kita harus ekonomi ketuk pintu, datangi ke tempat-tempat untuk menjual produk-produk yang ada di daerah. Sumedang punya apa, Pantura punya apa, daerah lain punya apa nanti bisa dikolaborasikan," kata Emil. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/11/165806678/ridwan-kamil-sebut-3-sektor-ekonomi-ini-tak-terpengaruh-pandemi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke